Menanam Belimbing Dalam Pot – Tabulampot Belimbing

- Juli 24, 2017

Menanam Belimbing Dalam Pot – Tabulampot Belimbing

 
cara menanam belimbing dalam potMenanam Belimbing dalam Pot ataupun Tabulampot Belimbing. Perawatannya tak susah serta pohonnya gampang berbuah, itulah keunggulan tanaman belimbing. Meski ditanam di dalam pot sekali pun, belimbing tetap mengeluarkan pesona melalui buahnya yng tumbuh cepat serta serempak.

A. Sipat-sipat Tanaman Belimbing

Biasanya, kita mengenal dua golongan belimbing, yaitu belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) serta belimbing manis (Averrhoa carambola). Belimbing wuluh mempunyai bentuk yng kecil, bulat memanjang, serta rasanya asam. Belimbing wuluh Suka dimanfaatkan menjadi bahan campuran membuat sayur. Sementara itu, belimbing manis mempunyai bentuk segilima, yang dengannya rasa buah yng bervariasi, yaitu manis, asam, serta sepat, bergantung dari jenisnya.
Kebanykan hobiis lebih menyukai menanam belimbing manis, baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam di lahan ataupun di pot. Rasanya yng segar serta memiliki kandungan “sejuta” manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan membuat orang tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakannya.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Belimbing

  1. Belimbing bisa tumbuh subur di lahan yang dengannya ketinggian 0—500 m dpl.
  2. Suhu yng dibutuhkan berkisar 20—30° C.
  3. Curah hujan optimum 2.000—2.500 mm per tahun yang dengannya komposisi 5—7 bulan basah serta 4—6 bulan kering.

C. Jenis-jenis Belimbing

jenis belimbingAda begitu tidak sedikit varietas belimbing yng ada di dunia. Dari sekian tidak sedikit jenis yang telah di sebutkan, beberapa jenis yng sukses dikembangkan di Indonesia merupakan belimbing dewi, demak kapur, demak kunir, dewa, serta bangkok.

D. Tip Memilih Bibit Belimbing

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman di pot, pilihan bibit sebaiknya berasal dari okulasi, cangkok, serta sambung pucuk. Umur bibit sekitar 6 bulan. Fisik tanaman sehat. Panjang tunas sekitar 25 cm serta sudah mempunyai 4—6 tangkai daun. Diharapkan, pada pertumbuhan selanjutnya tanaman akan gampang berbuah. Usahakan pula bibit diperoleh dari penangkar terpercaya, supaya kualitas tanaman lebih terjamin.

E. Mengalihkan Bibit Belimbing dari Polibag ke Pot

Berikut persiapan melakukan penanaman bibit belimbing di dalam pot.
  1. Siapkan pot plastik yang dengannya diameter 40 cm. Bagian bawah pot sebaiknya diberi penyangga supaya wadah tak langsung bersentuhan yang dengannya tanah. Siapkan pula media tanam berupa campuran tanah, pasir, serta pupuk sangkar (1 : 1 : 1) ataupun campuran sekam, tanah, serta humus bambu (1 : 1 : 1).
  2. Masukkan pecahan genting ataupun batu bata merah ke dasar pot. Tujuannya supaya media tetap porous serta aerasi bisa berjalan yang dengannya baik. Masukkan pula media tanam sampai-sampai ketinggian 1/2 pot.
  3. Keluarkan bibit tanaman dari polibag, lantas masukkan tepat di sedang-sedang media tanam yang dengannya posisi tegak.
  4. Tambahkan media tanam sampai-sampai ketinggian beberapa senti meter dari bibir pot, padatkan, lantas siram yang dengannya air supaya media menjadi lembap.
  5. Letakkan pot di tempat yng teduh selama seminggu, lantas pindahkan secara bertahap ke tempat terbuka.

F. Perawatan Harian Tabulampot Anggur

tabulampot belimbinga. Penyiraman

Penyiraman sebaiknya di lakukan dua hari sekali. Andai penyiraman mempergunakan air ledeng, endapkan air berlebi dahulu selama sehari semalam. Pasalnya, air ledeng memiliki kandungan kaporit tinggi.

b. Pemupukan

Fase Umur Sesudah Tanam Pupuk Kandang¹ (kg) NPK 15-15-15² (gram) Urea³ (gram) SP-36⁴ (gram) KCL⁵ (gram)
Prapoduksi 1—12 bulan
13—35 bulan
10
20
20
30—50
-
-
-
-
-
-
Produksi 3 tahun
4 tahun
5 tahun
30
40
60
-
-
-
10
50
70—120
50
100
150—200
40
80
120—150

Keterangan
¹diberikan setahun sekali
²diberikan tiga bulan sekali
³diberikan empat bulan sekali
⁴diberikan setahun sekali
⁵diberikan enam bulan sekali

c. Pemangkasan

Belimbing pula butuh pemangkasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mem-percepat pembuahan. Idealnya, pemangkasan di lakukan sampai-sampai menyisakan 1 batang utama, 3 cabang primer, 9 cabang sekunder, serta 27 cabang tersier.

d. Pembungkusan Buah

Bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan hama serta mening-katkan kebersihan buah. Pembungkusan di lakukan disaat buah masih berukuran kecil. Alat pembungkus yng dipakai berupa plastik ataupun kertas karbon.

e. Penggantian Media

Penggantian media ataupun repotting mampu di lakukan 6—12 bulan sekali. Akan tetapi, ada baiknya melihat kondisi tanaman. Andai tanaman terlihat kerdil, mogok berbunga serta berbuah, dan perakaran terlihat menyembul keluar, berguna saatnya melakukan penggantian media. Komposisi media tanam yng dipakai percis yang dengannya komposisi media sebelumnya.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/menanam-belimbing-dalam-pot-tabulampot.html.

Seputar Menanam Belimbing Dalam Pot – Tabulampot Belimbing

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menanam Belimbing Dalam Pot – Tabulampot Belimbing