Ini Dia Ciri-ciri Fisiologi Kelapa Sawit

- Juli 13, 2017

Ini Dia Ciri-ciri Fisiologi Kelapa Sawit

 
Semisal apakah ciri-ciri fisiologi yng dimiliki oleh kelapa sawit? Pohon elaeis ataupun kelapa sawit bisa atau mampu tumbuh sampai-sampai ketinggiannya mencapai 24 meter. System perakaran pada tumbuhan ini berupa akar serabut yng mengarah ke bawah serta ke samping. Pada tanaman muda terdapat bekas pelepah yng menyelimuti batang serta akan mengering terlepas sendiri sesudah usianya sekitar 12 tahun.
fisiologi-kelapa-sawit.jpg
Pohon kelapa sawit terbentuk atas bagian-bagian yng meliputi akar, batang, daun, bunga, serta buah. Di bawah ini penjelasan dari masing-masing bagian tanaman yang telah di sebutkan.
Akar
Kelapa sawit memiliki system perakaran berupa akar serabut. Pertumbuhan akar yang telah di sebutkan ada yng mengarah ke bawah serta ke samping. Selain akar utama, kelapa sawit pula mempunyai akar napas yng tumbuh secara menyamping ke atas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil oksigen dari udara.
Batang
Batang kelapa sawit tampak semisal batang tanaman di keluarga Arecaceae lain-lainnya. Disaat muda, batang tanaman yang telah di sebutkan diselimuti oleh bekas pelepah daun. Pelepah yng mengering kemudian akan terlepas sendiri. Batang sawit yng berumur lebih dari 12 tahun terlihat menyerupai batang pohon kelapa.
Daun
Daun kelapa sawit tersusun secara majemuk serta menyirip. Warna daunnya hijau tua yang dengannya pelepah berwarna hijau muda. Sekilas daun kelapa sawit tampak persis layaknya daun salak, akan tetapi durinya tak begitu tajam.
Bunga
Bunga kelapa sawit bertipe monoecious diclin yaitu bunga jantan serta betinanya terpisah, akan tetapi masih berada di dalam satu pohon. Hal ini memicu masing-masing bunga yang telah di sebutkan matang pada rentang waktu yng berbeda-beda. Oleh karena itu, Amat jarang berlangsung penyerbukan bunga kelapa sawit secara mampu berdiri diatas kaki sendiri. Karakteristik bunga jantan berbentuk lancip serta panjang, sedangkan bunga betina akan terlihat lebih besar lebih-lebih tatkala mekar.
Buah
Buah kelapa sawit mempunyai kulit berkelir merah, ungu, ataupun hitam bergantung dari jenisnya. Buah ini muncul secara bergerombol dalam tandan dari ketiak pelepah daun. Buah kelapa sawit tersusun atas 4 lapisan yakni kulit (eksoskarp), serabut (mesoskarp), cangkang (endoskarp), serta inti (endosperm).


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/11/ini-dia-ciri-ciri-fisiologi-kelapa-sawit.html.

Seputar Ini Dia Ciri-ciri Fisiologi Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Dia Ciri-ciri Fisiologi Kelapa Sawit