Harga Cpo Merangkak Naik | Statistik Harga

- Juli 10, 2017

Harga Cpo Merangkak Naik | Statistik Harga

 
JPNN.com - Kamis, 04 April 2013Awan kelabu yng menyelimuti usaha kelapa sawit mulai memudar. Ini terkait yang dengannya mulai merangkak naiknya harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO).
Deputi Bidang Statistik Distribusi serta Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo mengujarkan, sepanjang Februari 2013, ekspor CPO Indonesia memanglah turun dibanding Januari 2013. "Ini lebih disebabkan turunnya volume, sebab harganya sekarang sedang naik," ujarnya Rabu (3/4).
Data BPS menunjukan, angka ekspor bagi atau bisa juga dikatakan untuk komoditas minyak hewan/nabati yng mayoritas CPO pada Ferbuari lantas tercantum sebesar USD 1,65 miliar, turun dibandingkan periode Januari yng mencapai USD 1,94 miliar.
Akan tetapi, dari sisi harga, BPS mencatat adanya tren kenaikan. Tahun lantas, harga CPO pernah sempet mencapai level di atas USD 1.000 per ton. Akan tetapi, pada akhir tahun, harganya terus merosot seiring yang dengannya turunnya permintaan di pasar internasional lantaran lesunya ekonomi dunia.
Malah, pada Desember 2012, harga pernah sempet merosot ke kisaran USD 776 per ton. Sejak itu, harga pun membaik. Pada Januari 2013, rata-rata harga telah naik menjadi USD 841 per ton serta pada Ferbruari 2013 naik lagi menjadi USD 863 per ton. "Dengan membaiknya perekonomian, harga juga akan membaik," ucapnya.
Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Fadhil Hasan menambahkan, recovery perekonomian global akan mendorong perbaikan harga CPO. "Memang, tahun ini diproyeksi akan naik," ujarnya.
Pendapat dari Fadhil, pergerakan harga minyak kelapa sawit di pasar internasional tatkala ini Suka bergerak liar lantaran faktor supply and demand tak lagi mayoritas dalam penentuan harga. "Saat ini, harga lebih banyak ditentukan oleh sentimen perekonomian global," ujarnya.
Fadhil menggambarkan, pada 2011, rata-rata harga CPO di pasaran dunia mencapai kisaran USD 1.119 per ton. Akan tetapi, pada 2012, harga telah jatuh di kisaran USD 800 per ton. "Tahun ini, harga CPO di semester pertama diproyeksi di kisaran USD 800 - 900 per ton, pada semester ke dua kemungkinan akan naik sedikit ke kisaran USD 900 - 1.000 per ton," ucapnya. (owi)


Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2013/04/harga-cpo-merangkak-naik.html.

Seputar Harga Cpo Merangkak Naik | Statistik Harga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Harga Cpo Merangkak Naik | Statistik Harga