Deskripsi Pohon Kelapa (cocos Nucifera)

- Juli 21, 2017

Deskripsi Pohon Kelapa (cocos Nucifera)

 
Apakah Kamu ingin mengetahui deskripsi wacana pohon kelapa? Kelapa (Cocos nucifera) merupakan tanaman perkebunan serta industri yng berbentuk pohon yng mempunyai batang lurus dari famili Palmae. Beberapa pendapat menyebutkan kalau tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Akan tetapi banyak sekali juga peneliti yng mengklaim bahwasanya kelapa adalah tanaman asli daerah Asia Pasifik.
Negara-negara di daerah Asia Pasifik bisa atau mampu memproduksi buah kelapa sebanyk tidak lebih lebih 5.276.000 ton per tahunnya. Jumlah yang telah di sebutkan kira-kira setara yang dengannya 82 % dari total produksi dunia. Sedangkan sisanya adalah buah kelapa yng diperoleh oleh negara-negara di Afrika serta Amerika Selatan. Indonesia salah satunya satu dari sekian banyaknya penghasil buah kelapa yng paling tidak sedikit di dunia, walaupun kedudukannya masih berada di bawah Filipina.
Terdapat 3 (tiga) jenis pohon kelapa, antara lain :
  1. Kelapa dalam terdiri atas varietas kelapa hijau (viridis), kelapa merah (rubescens), kelapa kelabu (macrocorpu), serta kelapa manis (sakarina).
  2. Kelapa genjah terdiri atas varietas kelapa gading (eburnea), kelapa raja (regia), kelapa puyuh (pumila), serta kelapa raja malabar (pretiosa).
  3. Kelapa hibrida merupakan kelapa hasil perkawinan silang antara kelapa dalam serta kelapa genjah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan pohon kelapa yng mempunyai karakteristik unggul.
deskripsi-pohon-kelapa.jpg
Pohon kelapa bisa tumbuh secara optimal andai ditanam di daerah yng terdapat atau terletak pada ketinggian sekitar 0-450 m dpl. Pertumbuhan tanaman ini akan melambat andaikan dipelihara di daerah yng berketinggian antara 450-1000 m dpl. Pohon kelapa pula memerlukan lahan yng permukaannya datar menjadikan pada lahan yng miring Perlu dibuat teras Suka bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kesuburan tanah, memperbaiki kondisi tanah, serta mencegah timbulnya kerusakan tanah.
Pohon kelapa akan tumbuh yang dengannya baik di daerah yang dengannya curah hujan yng berkisar 1300-2300 mm/tahun. Kelapa pun Amat menyukai sinar matahari yang dengannya kebutuhan minimalnya mencapai 120 jam/bulan. Pertumbuhan tanaman ini akan mencapai titik yng maksimal pada suhu di kisaran 20-27 derajat celsius. Sedangkan bila dipelihara pada suhu di bawah 15 derajat celsius, pohon kelapa akan mengalami perubahan pada fisiologis yng dimilikinya.
Tanaman kelapa bisa atau mampu bertahan hidup di aneka macam jenis tanah semisal tanah liat, tanah berbatu, tanah berpasir, tanah aluvial, tanah vulkanis, ataupun tanah laterit. Tingkat keasaman tanah yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhannya merupakan sekitar 5,5-6,5. Pohon kelapa butuh juga ketersediaan air yng cukup di sepanjang masa hidupnya.
Yang akan di sajikan kali ini bentuk-bentuk morfologi pohon kelapa :
Batang
Pohon kelapa memiliki batang yng tumbuh agak lurus ke atas menghadap ke posisi matahari. Batang yang telah di sebutkan percis sekali tak mempunyai cabang dan tak memiliki kandungan kambium. Di bagian ujung batang pohon kelapa terdapat titik tumbuh yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk bagian batang, daun, serta bunga tanaman.
Akar
Tanaman kelapa mempunyai system perakaran yng berjenis serabut. Jumlah akar ini dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanah, kondisi iklim, serta kebugaran atau kesehatan tanaman itu sendiri. Dasarnya memang, akar kelapa bertugas mencari unsur hara yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhannya. Beberapa unsur hara yng penting bagi pohon kelapa yakni N, P, K, C, H, Ca, O, S, Mg, serta micro Cl.
Daun
Bentuk daun kelapa merupakan memanjang serta mempunyai tulang yng terdapat atau terletak saling sejajar. Pertumbuhan daun ini akan jauh lebih cepat berlangsung pada tatkala musim penghujan. Tugas daun kelapa yakni mengolah makanan melalui proses fotosintesis. Daun ini memiliki kandungan lidi yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sapu tradisional serta kerajinan tangan.
Bunga
Mayang adalah sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bunga kelapa. Bunga ini tergolong menjadi buah berkarang. Setiap pohon kelapa memiliki bunga jantan serta bunga betina. Adapun bunga jantan terdapat atau terletak di bagian ujung cabang. Sedangkan bunga betina berada di sebelah pangkal cabang. Sebagian orang kerap mempergunakan serta memanfaatkan bunga kelapa ini menjadi bahan makanan.
Buah
Rata-rata pohon kelapa akan menghasilkan buah disaat usianya telah mencapai 8 tahun. Buah ini terbentuk dari hasil penyerbukan antara bunga jantan kepada bunga betina. Buah kelapa umumnya akan tumbuh dalam waktu tidak lebih lebih 3-4 minggu seusai membukanya bunga kelapa. Buah kelapa tersusun atas sabut, tempurung, daging buah, serta air kelapa.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/deskripsi-pohon-kelapa-cocos-nucifera.html.

Seputar Deskripsi Pohon Kelapa (cocos Nucifera)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Deskripsi Pohon Kelapa (cocos Nucifera)