Ciri-ciri Pupuk Organik Yang Bermutu Tinggi

- Juli 12, 2017

Ciri-ciri Pupuk Organik Yang Bermutu Tinggi

 
Bagaimanakah ciri-ciri pupuk organik yang memiliki mutu yang tinggi? Dalam bisnis membudidayakan kelapa sawit, kita memerlukan pupuk organik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuburkan tanaman. Pupuk organik merupakan zat hara tanaman yang berasal dari bahan organik. Sumber bahan organik yang telah di sebutkan mampu berupa kompos, pupuk sangkar, sisa panen, serta limbah. Wujud pupuk ini mampu berbentuk padat ataupun cair.
Pupuk organik adalah pupuk utama yang dipakai dalam system pertanian secara organik. Pupuk ini dinilai memilik kelebihan di antaranya menaikan produktivitas lahan, memperbaiki kondisi tanah, harganya relatif lebih murah, memiliki kandungan unsur mikro yang lengkap, mendukung ke hidup-an mikroorganisme, membantu pembentukan partikel ion, melindungi kelembaban tanah, serta menaikan kandungan nutrisi pada tanaman.
ciri-ciri-pupuk-cair-organik.jpg
Proses pembuatan pupuk organik terbilang gampang kok. Akan tetapi andaikan Kamu tak memiliki waktu yang cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolahnya sendiri, tak ada salahnya membelinya di toko pertanian. Di bawah ini beberapa ciri-ciri yang menadakan tidak jelek alias bagus tidaknya kualitas suatu pupuk organik.
  1. Baunya Tak Menyengat
Pupuk organik yang telah matang mempunyai aroma yang normal layaknya bau tanah. Andai pupuk yang telah di sebutkan masih beraroma menyengat semisal busuk ataupun mumet pengertiannya proses fermentasi pupuk yang telah di sebutkan belum selesai. Jangan mempergunakan pupuk yang masih ini lantaran mampu mengganggu pertumbuhan tanaman.
  1. Warna-nya Kehitam-hitaman
Pupuk organik yang tidak jelek alias bagus pula memiliki rupa semisal humus yang umumnya terdapat pada lapisan tanah paling atas (top soil) yaitu berwarna kehitam-hitaman. Andaikan warna pupuk masih terlihat kecoklat-coklatan ataupun kehijau-hijauan, maka pupuk organik tadi belum layak pakai. Terkadang ada pedagang nakal yang menambahkan karbon ke dalam pupuk yang belum masak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeceknya, Kamu mampu merendam sejumput pupuk ini ke dalam air. Pupuk yang sudah bercampur karbon akan merubah warna air yang sebelumnya jernih menjadi hitam.
  1. Teksturnya Remah
Tahukah Kamu, pupuk organik yang mempunyai kualitas tinggi selalu mempunyai tekstur yang remah. Remah merupakan tekstur yang terdapat atau terletak di antara keras serta lembek. Pada tekstur ini, partikel-partikel yang menyusun pupuk akan gampang terurai menjadikan cepat terserap ke dalam tanah. Namun hal ini berbeda yang dengannya pupuk granul lantaran walaupun gampang terurai, pupuk granul susah masuk ke dalam tanah.
  1. Suhunya Terasa Dingin
Tingkat kematangan suatu pupuk organik mampu dilihat dari suhunya. Rata-rata pupuk yang sudah matang mempunyai suhu yang rendah serta cukup stabil, walaupun pupuk telah disimpan dalam waktu yang lama. Selain mempergunakan termometer, Kamu pun bisa mengecek suhu pupuk tadi. Tatacaranya cukup masukkan tangan Kamu ke dalam kantong kemasan pupuk serta rasakan sensasi suhu dingin yang menjalar di telapak tangan.
  1. Uji Coba dalam Plastik
Seusai Kamu cukup yakin kalau pupuk organik yang dibeli telah matang, sebaiknya lakukan pengetesan berlebi dahulu sebelum mengaplikasikannya ke tanaman. Tatacaranya masukkan sampel pupuk yang sudah basah ke dalam kantong plastik, lantas ikat hingga plastik ini tertutup rapat. Biarkan sampel ini selama seminggu di suhu kamar. Bila pupuk masih berbentuk tidak jelek alias bagus serta baunya pun masih mirip yang dengannya tanah, ini menandakan kalau pupuk yang telah di sebutkan telah matang sempurna.
  1. Uji Coba bagi atau bisa juga dikatakan untuk Persemaian
Selain langkah di atas, pengetesan pula mampu di lakukan yang dengannya mempergunakan pupuk ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemai benih tanaman yang gampang tumbuh, semisal jagung serta kacang hijau. Cobalah ambil sampel bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai menjadi media semai. Masukkan media tadi ke dalam polybag, lantas tanamkan beberapa benih jagung ke dalamnya. Andai jagung bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik, Kamu mampu mengandalkan pupuk organik ini.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/10/ciri-ciri-pupuk-organik-yang-bermutu.html.

Seputar Ciri-ciri Pupuk Organik Yang Bermutu Tinggi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ciri-ciri Pupuk Organik Yang Bermutu Tinggi