Cara Menanam Stroberi Dalam Pot – Tabulampot Stroberi

- Juli 10, 2017

Cara Menanam Stroberi Dalam Pot – Tabulampot Stroberi

 
cara menanam stroberi dalam potCara Menanam Stroberi dalam Pot ataupun Tabulampot Stroberi. Stroberi, buah asal Chili, Amerika Latin ini memanglah segar disaat dibuat olahan minuman ataupun campuran kue. Kini, stroberi bisa ditanam di wadah dibatasi, semisal pot ataupun karung. Akan tetapi ingat, lingkungan serta agroklimatnya Perlu disesuaikan yang dengannya tempat asal tumbuhnya..

A. Sipat-sipat Tanaman Stroberi

Selama ini warga atau juga bisa dikatakan masyarakat salah mengartikan buah stroberi. Buah berwarna merah berbentuk kerucut yang dengannya rasa asam manis merupakan reseptakel (jaringan dasar bunga) yng mengalami pembesaran. Sementara itu, buah sebetulnya merupakan biji-biji kecil ataupun buah kerdil yng berwarna putih yng disebut achene (asen). Achene ini menempel pada reseptakel.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Stroberi

  1. Daerah tumbuh yng dibutuhkan setidaknya mempunyai ketinggian lebih dari 600 m dpl.
  2. Suhu udara berkisar 22—25° C pada siang hari serta 14—18° C pada malam hari. Kelembapan berkisar 80—89%.
  3. Menyukai penyinaran penuh selama 8—10 jam sehari.

C. Memilih Bibit Stroberi

Benih stroberi bisa diperoleh yang dengannya tatacara generatif serta vegetatif. Berikut penjelasannya.
  1. Perbanyakan generatif yng dimaksud merupakan mempergunakan benih stroberi yng mampu diperoleh di toko pertanian. Selanjutnya, benih disemai sampai-sampai menumbuhkan beberapa helai daun. Sesudah itu, pindahkan bibit ke polibag ataupun pot.
  2. Perbanyakan vegetatif di lakukan yang dengannya membelah stolon serta anakan. Stolon adalah perpanjangan tunas yng tumbuh secara horisontal. Sementara itu, anakan adalah rumpun dari tanaman induk yng mampu dipisah. Stolon serta anakan ini selanjutnya ditanam pada media serta wadah yng baru.

D. Menanam Stroberi di Polibag Besar ataupun Karung

tabulampot stroberi
  1. Siapkan karung plastik berukuran 25—50 kg ataupun polibag yang dengannya ukuran sejenis.
  2. Masukkan media tanam berupa pasir, kompos, serta tanah yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 3. Baiknya, sebelum dimasukkan ke dalam karung, media dikukus berlebi dahulu supaya steril.
  3. Buat empat lubang di bagian tepi media tanam yang dengannya jarak antarlubang sekitar 20 cm. Sementara itu, di bagian tengan media pula diberi lubang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanami pupuk kimia, semisal urea sebanyk 15 gram, SP-36 10 gram, serta KCl 20 gram. Aplikasinya diberikan 1,5 bulan sekali.
  4. Lepas bungkus polibag pada bibit stroberi, lantas tanam di keempat lubang yng sudah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Siram media mempergunakan air seperlunya, lantas letakkan tanaman di tempat terbuka yng memperoleh pencahayaan cukup. Andai penanaman lebih dari satu karung, atur jarak antarkarung sekitar 40 cm.

E. Perawatan Harian Tabulampot Srikaya

a. Penyiraman

Tanaman stroberi salah satunya tanaman yng tak tahan kering. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, sebaiknya penyiraman di lakukan secara rutin dua kali sehari, lebih-lebih pada musim kemarau. Andai masuk musim penghujan, penyiraman di lakukan disaat media tanam terlihat kering.

b. Pemupukan

Pemupukan mampu di lakukan seminggu sesudah tanam. Pupuk yng diberikan berupa campuran Urea 2 sendok teh, TSP seperdua sendok teh, serta KCl sebanyk seperdua sendok teh per pot. Selanjutnya, disaat tanaman berumur 2 bulan, dosisnya berganti. Urea seperdua sendok teh, TSP 1 sendok teh, serta KCl 1 sendok teh per pot. Selain ketiga jenis pupuk yang telah di sebutkan, berikan pula pupuk NPK 15-15-15 yang dengannya dosis 25 gram (sekitar 1 sendok makan) per pot yng dilarutkan dalam1 liter air.

c. Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman stroberi berlaku pada tiga bagian tanaman, yaitu daun, stolon, serta bunga.
  1. Pemangkasan daun di lakukan andai daun terlalu rimbun ataupun daun terserang penyakit. Tujuan pemangkasan daun merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengefisienkan tanaman dalam melakukan fotosintesis, dan menaikan kualitas serta kuantitas hasil panen.
  2. Pemangkasan stolon bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produktivitas tanaman. Perlakuan ini umumnya diterapkan pada penanaman stroberi yang dengannya teknik hidroponik serta wadah karung (polibag).
  3. Pemangkasan bunga pada stroberi pula butuh di lakukan. Pasalnya, bunga stroberi tumbuh berumpun. Bunga yng dipelihara sebaiknya cuma bunga primer, sekunder, serta tersier. Selain bunga yang telah di sebutkan sebaiknya dipangkas lantaran cuma menghasilkan buah berukuran kecil.

d. Penggantian Media

perawatan storberiPenggantian media mutlak dibutuhkan andai media telah terlihat memadat, akar tidak sedikit keluar dari wadah tanam, serta pertumbuhan tanaman melambat, malah mogok berbunga. Komposisi media yng dipakai percis yang dengannya media sebelumnya.

e. Penyiangan

Lantaran tanaman stroberi susah bersaing yang dengannya gulma, maka penyiangan mutlak dibutuhkan. Tatacaranya, cabut serta Buang gulma yng tumbuh di sekeliling tanaman stroberi sesering barangkali. Pasalnya, selain menjadi inang bagi hama serta penyakit, gulma pula mampu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-stroberi-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Stroberi Dalam Pot – Tabulampot Stroberi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Stroberi Dalam Pot – Tabulampot Stroberi