5 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan Kelapa Sawit

- Juli 18, 2017

5 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan Kelapa Sawit

 
Tak ada nominal yang pasti berapa harga lahan kelapa sawit. Hal ini penyebabnya yaitu lantaran ada tidak sedikit faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari tempat, kondisi, legalitas, jenis, perawatan, serta usia lahan yang telah di sebutkan. Misalnya lahan yang berada di tempat yang dekat yang dengannya pabrik memiliki harga yang lebih tidak murah daripada lahan di pelosok. Oleh lantaran itu, diharapkan pertimbangan yang matang dalam memperhitungkan untung ruginya.
harga-lahan-kelapa-sawit.jpg
Menjadi negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, perkebunan sawit di Indonesia membentang dari Sabang sampai-sampai Merauke. Minyak sawit dianggap menjadi emas cair yang keberadaannya terus diburu. Maka jangan heran andaikan budidaya kelapa sawit begitu ramai di negeri ini.
Berbicara mengenai investasi kelapa sawit, satu dari sekian banyaknya persyaratan yang Perlu dimiliki oleh seorang investor merupakan lahan. Seiring berjalannya waktu harga lahan makin naik mengikuti peningkatan yang berlangsung pada harga tanah. Itulah mengapa para investor Perlu menghitung baik-baik prosentase biaya yang akan dikeluarkannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengadaan lahan. Di satu sisi harga lahan kelapa sawit yang mempunyai prospek tidak jelek alias bagus umumnya Amat tidak murah. Sedangkan lahan yang terdapat atau terletak di area susah dijangkau seringkali ditawarkan yang dengannya harga yang lebih miring.
Andai lebih cermat, Kamu mampu memperoleh lahan yang ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkebunan kelapa sawit yang dengannya harga yang lebih rendah. Pelajari faktor-faktor yang menentukan harga sebuah lahan yang akan di sajikan kali ini :
1. Di Mana Tempat Lahan Yang telah di sebutkan?
Faktor tempat berperan penting dalam memberi pengaruh harga sebuah lahan. Lahan yang berlokasi di tempat yang dekat yang dengannya pabrik serta gampang dijangkau biasanya cenderung tidak murah. Begitu juga andai lahan yang telah di sebutkan terdapat atau terletak di tempat yang jauh dari pemukiman umumnya lebih murah. Menjadi ilustrasinya, lahan di tempat yang gampang dicapai sekitar Rp120 juta/hektar sedangkan lahan di pelosok cuma Rp30 juta/hektar.
2. Bagaimana yang dengannya Kondisi Tanahnya?
Para petani kelapa sawit pasti telah menyadari kalau membudidayakan tanaman sawit di lahan mineral lebih menguntungkan daripada lahan gambut. Hal yang percis pula berlaku pada kontur tanahnya, lahan yang datar bernilai lebih tidak murah ketimbang lahan yang miring. Menjadi tumbuhan tropis, kelapa sawit butuh air yang cukup tidak sedikit. Lahan mineral yang datar mampu memberi jaminan ketersediaan air yang telah di sebutkan setiap waktu.
3. Apakah Legalisa yang Dimiliki Lahan Yang telah di sebutkan?
Legalitas yang dimaksud merupakan status lahan yang telah di sebutkan di mata hukum. Apakah SHM, SKGR, SKT, ataupun yang lain-lainnya? Harga lahan akan kian tidak murah jikalau status lahan yang telah di sebutkan makin tinggi. Tentu membeli lahan bersertifikat SHM jauh lebih baik daripada semuanya.
4. Apakah Jenis Bibit yang Dipelihara?
Terkadang ada lahan kelapa sawit yang telah berisi tanaman-tanaman sawit yang dijual. Menjadi pembeli Kamu tak boleh langsung tergiur begitu saja. Apalagi bila pedagang menunjukkan harga murah yang tak wajar. Mungkin besar lahan yang telah di sebutkan tak bisa atau mampu menutupi ongkos produksi yang dengannya penghasilan panennya. Akhirnya pemilik pun menjadi telor. Ingat suatu lahan mampu dikatakan murah pula kualitasnya lebih tinggi daripada nominalnya.
5. Bolehkah Membeli Lahan yang Produktif?
Faktor yang terakhir yang memberi pengaruh harga lahan kelapa sawit adalah tingkat produktifitasnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu yang ingin memutar uang lebih cepat, membeli lahan yang produktif adalah solusi yang tepat. Kendati demikian harga yang dibandrol pada lahan yang dengannya spesifikasi ini biasanya di atas rata-rata. Lebih baik pilih lahan yang telah berusia sekitar dua tahun lantaran tanaman kelapa sawit yang tumbuh di dalamnya telah mulai belajar menghasilkan ciri buah segar kelapa sawit.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/12/5-faktor-yang-mempengaruhi-harga-lahan.html.

Seputar 5 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 5 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan Kelapa Sawit