Mengenal Penyakit Tajuk Daun Pada Kelapa Sawit

- Juli 18, 2017

Mengenal Penyakit Tajuk Daun Pada Kelapa Sawit

 
Apakah penyakit tajuk daun pada kelapa sawit itu? Bagaimana tanda-tanda gejala serangan penyakit ini? Bagaimana juga tatacara yng paling jitu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikannya?
Pada kelapa sawit, penyakit tajuk daun (crown desease) merupakan suatu jenis penyakit yng menyerang bagian tajuk daun tanaman. Hal ini akan menghasilkan terhambatnya pertumbuhan tanaman yang telah di sebutkan dalam memasuki periode pertumbuhan generatif selanjutnya. Yang dengannya kata lain pertumbuhan tanaman yng berpenyakit lebih lambat dibandingkan yang dengannya tanaman yng sehat.
Penyakit tajuk daun (PTD) adalah penyakit utama pada kebun kelapa sawit yng berumur 1-3 tahun serta belum menghasilkan. Penyakit ini dinilai salah satunya genetis ataupun cacat bawaan, serta akan sembuh yang dengannya sendirinya. Meskipun begitu, penyakit ini tetap Perlu diwaspadai oleh para petani lantaran memberi pengaruh keefektifan budidaya kelapa sawit.
penyakit-tajuk-daun-pada-kelapa-sawit.jpg
Kelapa Sawit yng Terserang PTD
Penyakit tajuk daun diketahui sudah diteliti sejak tahun 1927, namun di sayangkan sampai-sampai kini belum diketahui penyebab pastinya. Penelitian pada tajuk daun kelapa sawit yng berpenyakit bisa didapati bermacam-macam jamur antara lain Fusarium oxysporum Schl. serta Fusarium solani Sacc. Akan tetapi disaat jamur ini diinfeksikan ke tajuk daun dari kelapa sawit lain yng sehat tak memicu dampak apapun.
Fakta lain yng tidak kalah penting merupakan penyakit ini tak mampu menular ke kelapa sawit yng lain. Dugaan sementara tatkala ini yakni penyakit tajuk daun diakibatkan oleh kelebihan nitrogen ataupun lantaran defisiensi magnesium. Walau pendapat ini belum bisa dibuktikan yang dengannya metode pengujian secara ilmiah. Pendapat terkuat memberikan kesimpulan bahwasanya kerentanan kelapa sawit terhadap PTD dipengaruhi oleh suatu gen resesif.
Gejala Penyakit Tajuk Daun
Kebanykan kelapa sawit yng terserang penyakit tajuk merupakan tanaman yng masih muda. Gejalanya antara lain ada tidak sedikit daun yng membengkok ke bawah di sedang pelepahnya. Pada bengkokan yang telah di sebutkan pula tak dijumpai adanya anakan daun, ataupun kalaupun ada maka anakan daun ini tampak kecil serta robek. Ciri awal ini mampu dilihat sedari tajuk daun masih berbentuk janur. Anakan daun yng masih terlipat ini pula tampak busuk di bagian pangkal ataupun tengahnya.
Ciri lain merupakan daun tak mampu membuka sempurna lantaran bengkok ataupun robek. Selain itu, pada bagian daun yng bengkok tadi lantas akan membusuk lantaran penyebabnya yaitu oleh aktifitas jamur sekunder semisal Fusarium sp serta Phytophthora sp.
Pengendalian Penyakit Tajuk Daun
Lantaran penyebab penyakit tajuk daun belum mampu dipastikan, maka metode pengendaliannya pun masih simpang siur. Banyak sekali bahkan para petani yng sengaja membiarkan kelapa sawit yng berpenyakit sembuh yang dengannya sendirinya walaupun Perlu menanggung kerugian waktu.
Satu dari sekian banyaknya teknik pengendalian yng cukup tidak sedikit dipakai yakni memberantas penyakit tajuk daun mempergunakan fungisida yang dengannya maksud bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh jamur-jamur yng hidup di tajuk yng berpenyakit. Metode pengendalian ini diawali yang dengannya memotong janur kelapa sawit sedalam barangkali dekat yang dengannya titik tumbuh. Perhatikan cuma janur yng masih menutup saja yng dibuang, sementara janur yng telah membuka tetap dipertahankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Selanjutnya aplikasikan fungisida tiabendazol, tiram ataupun benomil tepat pada pemotongan tajuk daun tadi.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/10/mengenal-penyakit-tajuk-daun-pada.html.

Seputar Mengenal Penyakit Tajuk Daun Pada Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Penyakit Tajuk Daun Pada Kelapa Sawit