3 Cara Memetik Buah Kelapa Dengan Mudah

- November 07, 2017

3 Cara Memetik Buah Kelapa Dengan Mudah

 
Bagaimana tips memetik buah kelapa? Kelapa (Cocos nucifera) adalah tanaman perkebunan yng tidak sedikit dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Diperkirakan pohon kelapa berasa dari wilayah pesisir Asia yng berdekatan dengan Samudera Hindia. Kelapa masih salah satunya dalam suku aren-arenan (Arecaceae) menjadikan berkerabat dekat dengan kelapa sawit, enau, pinang, sagu, palem, kurma, salak, lontar, rotan, serta gebang.
Hampir seluruh bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan oleh kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhannya. Satu dari sekian banyaknya bagian yng terpenting, tentu saja apalagi kalau bukan buah. Menariknya tak cuma lapisan daging buah saja yng mampu dimanfaatkan, akan tetapi pula lapisan kulit serta serabut kelapa. Daging buah kelapa umumnya dipakai menjadi bahan baku pembuatan santan. Sedangkan ampasnya mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan ternak.
Dalam membudidayakan pohon kelapa, frekuensi panen buah kelapa bisa di lakukan setiap 25 hari sekali. Jadi para petani akan memanjat pohon kelapa bagi atau bisa juga dikatakan untuk memetik buah yng berada di 2-3 tandan sekalian. Ada juga petani yng tak mau repot dengan menunggu buah kelapa jatuh sendiri dari pohonnya. Walaupun tingkat kematangannya berbeda-beda, faktanya kadar lemak yng terkandung di dalam buah yng berasal dari satu tandan yng percis tak terlalu jauh berbeda.
cara-memetik-buah-kelapa.jpg
Bagi Kamu yng kini telah menanam pohon kelapa akan tetapi kesulitan dalam memanennya, pada peluang di artikel ini kami akan mengajarkan bagaimana sih tatacaranya memetik buah kelapa itu. Setidaknya terdapat 3 metode yng mampu diaplikasikan, antara lain :
Metode Pertama
Pilih pohon kelapa yng telah berbuah dengan kondisi buah sesuai dengan keinginan kita. Andai berniat membuat santan dari buah yang telah di sebutkan, pilihlah buah yng sudah matang sempurna lantaran kandungan lemaknya pasti akan jauh lebih tidak sedikit. Kamu mampu memanjat pohon yang telah di sebutkan langsung dari bawah ataupun mempergunakan tangga bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah dalam memanjatnya. Sesudah hingga di puncak pohon, potonglah tangkai buah yng dimaksud mempergunakan golok sampai-sampai terputus serta terjatuh dengan sendirinya.
Metode Kedua
Pelaksanaan metode ini di lakukan dengan mempergunakan serta memanfaatkan alat bantu berupa galah yng terbuat dari bambu serta dilengkapi dengan pisau ataupun sabit di ujungnya. Tinggi pohon kelapa yng akan dipanen mempergunakan galah tak boleh lebih dari 4 meter. Andai Kamu memaksakan diri, buah kelapa yng jatuh mampu Amat rawan lantaran sewaktu-waktu bisa mengenai kepala Kamu. Buah kelapa yng ingin dipetik lantas dipotong pada bagian pangkal buahnya hingga terputus.
Metode Ketiga
Metode ini paling simpel lantaran Kamu tinggal menunggu saja buah-buah kelapa berjatuhan dengan sendirinya. Umumnya tangkai dari buah kelapa yng sudah matang akan mengering dan kekuatannya dalam menahan buah bakal berkurang drastis. Lama-kelamaan kondisi tangkai yang telah di sebutkan akan Amat rapuh menjadikan mampu terputus secara alami. Buah kelapa yng jatuh sendiri yang telah di sebutkan biasanya terlalu masak menjadikan tidak lebih tidak jelek alias bagus andai dijadikan menjadi bahan baku pembuatan kopra serta kelapa parut kering. Akan tetapi Kamu jangan khawatir karena buah yng telah terlanjur matang ini malah Amat cocok dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat minyak kelapa hijau murni.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/3-cara-memetik-buah-kelapa-dengan-mudah.html.

Seputar 3 Cara Memetik Buah Kelapa Dengan Mudah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 3 Cara Memetik Buah Kelapa Dengan Mudah