Sumber Benih Kelapa Sawit Di Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit

- Oktober 07, 2017

Sumber Benih Kelapa Sawit Di Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit

 
Suksesnya perkembangan industri Kelapa Sawit di Indonesia tak terlepas dari upaya berkesinambungan dalam peningkatan produktifitas tanaman. Satu dari sekian banyaknya faktor pendukung peningkatan produktifitas ini merupakan bahan tanam.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keberadaan industri kelapa sawit nasional butuh didukung secara maksimal oleh keberadaan industri perbenihan kelapa sawit di dalam negeri. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu produsen benih kelapa sawit di dalam negeri butuh menaikan jumlah serta mutu benih sesuai yang dengannya kebutuhan serta tuntutan selera konsumen yng senantiasa berganti secara dinamis.
Pertumbuhan perkembangan industri kelapa sawit yng Amat pesat masih belum bisa diimbangi yang dengannya penyediaan benih secara 6 (enam) tepat yakni tepat varietas, mutu, tempat, jumlah, waktu serta harga. Sumber benih kelapa sawit cuma ada di Sumatera, Kalimantan serta Jawa yakni di Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat serta Jawa Barat sedangkan daerah pengembangan kelapa sawit ada tersebar dari Aceh hingga ke Papua.
Kesuksesan pengembangan Kelapa Sawit di Indonesia tak terlepas dari ketersediaan bahan tanam unggul yng diperoleh melalui aktifitas pemuliaan yng sistematis serta berkelanjutan. Pengembangan industri Kelapa Sawit memerlukan dukungan ketersediaan bahan tanaman dalam jumlah cukup yang dengannya mutu yng terjamin. Mutu benih Kelapa Sawit Amat nyata memberi pengaruh hasil serta kualitas tandan Kelapa Sawit, oleh lantaran itu penggunaan benih unggul adalah persyaratan utama dalam pengembangan budidaya Kelapa Sawit. Ketersediaan bahan tanam unggul kelapa sawit menjadi satu dari sekian banyaknya faktor pendukung kesuksesan pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia. Walaupun cuma menyita 7% dari biaya produksi, akan tetapi penggunaan bahan tanam kelapa sawit unggul memberikan kontribusi yng signifikan terhadap peningkatan produktifitas. Hasil kajian menunjukan bahwasanya adanya proses seleksi serta perubahan tipe bahan tanaman pada rentang waktu 30 tahun bisa menaikan produktifitas CPO sebesar 72%. Bahan tanam kelapa sawit yng umum dipakai di perkebunan komersil adalah benih hasil penyerbukan buatan (artificial pollination) antara pohon induk dura (D) yang dengannya pohon bapak Pisifera (P). Selain dari benih, bahan tanam kelapa sawit pula bisa diperoleh dari hasil perbanyakan secara vegetatif melalui kultur jaringan yng dikenal menjadi klon.
Sumber benih kelapa sawit yang dengannya varietas yng sudah dirilis:
OLEH : RAMOTI ULI AGNES SAMOSIR, SP

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2012/11/sumber-benih-kelapa-sawit-di-indonesia.html.

Seputar Sumber Benih Kelapa Sawit Di Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sumber Benih Kelapa Sawit Di Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit