Pemupukan Kelapa Sawit Yang Baik Di Lahan Gambut

- Oktober 13, 2017

Pemupukan Kelapa Sawit Yang Baik Di Lahan Gambut

 
Secara prinsip, pemupukan kelapa sawit di lahan gambut tak jauh berbeda yang dengannya pemupukan pada biasanya. Pupuk disebarkan di sekitar tanaman melingkari batang pokok. Pupuk yang dipakai Perlu disesuaikan yang dengannya tujuan pemupukan serta kondisi tanah dan mentaati petunjuk yang tercantum pada kemasannya.
pemupukan-kelapa-sawit-di-lahan-gambut.jpg
Pembukaan kebun kelapa sawit Perlu memperhatikan keramahannya terhadap alam. Lahan yang dibakar bukan solusi yang tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh kebun yang siap tanam. Karena hal yang telah di sebutkan malah memicu dampak-dampak negati yang Amat tidak sedikit kandungan unsur hara di tanah yang hilang, musnahnya predator hama kelapa sawit, serta memicu asap yang mencemari lingkungan. Pengembangan kebun kelapa sawit di lahan gambut pula sebaiknya dijadikan menjadi pilihan yang terakhir yang dengannya memprioritaskan terhadap tanah yang telah mengalami degradasi.
Pemupukan kelapa sawit di tanah gambut mempergunakan pupuk yang dengannya jenis yang percis semisal pada tanah mineral. Cuma saja dosis pupuk yang telah di sebutkan tidak banyak dilebihkan mengingat kondisi tanah gambut belum begitu stabil. Adapun pupuk yang dipakai misalnya yakni TSP 300 gram (RP 500 gram) serta CuSO4 15 gram.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaplikasikan pupuk yang telah di sebutkan khususnya pada tahap penanaman bibit kelapa sawit, isilah lubang tanam yang dengannya top soil setebal 25 cm lantas dipadatkan. Lantas masukkan 1/3 dosis dari jumlah keseluruhan pupuk. Tanamkan bibit sawit yang dengannya merobek dulu large bag-nya. Pastikan permukaan bola tanah sejajar yang dengannya tanah di sekitarnya.
Timbun sekali lagi bibit kelapa sawit yang telah di sebutkan yang dengannya tanah di lapisan top soil. Lantas taburkan 1/3 dosis pupuk lagi di atasnya. Selanjutnya timbun yang dengannya tanah subsoil lantas sisa pupuk ke bibit sawit yang telah di sebutkan. Yang terakhir timbun lagi memakai sub soil di lapisan teratas.
Hal-hal yang Perlu diperhatikan disaat memupuk tanaman kelapa sawit di lahan gambut antara lain :
  1. Sebelum memberikan pupuk, bersihkan dahulu gulma yang tumbuh di area piringan yang mengitari batang pokok kelapa sawit.
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah yang datar, pupuk ditaburkan secara melingkar yang dengannya jarak 50 cm dari batang hingga tepian.
  3. Pupuk Perlu disebarkan di tempat yang semestisnxa serta tak boleh asal-asalan.
  4. Pupuk yang tak boleh dicampur Perlu diberi rentang waktu dari pupuk-pupuk lain dalam penerapannya.
  5. Pupuk yang dipakai Perlu berbentuk remah, tak boleh berupa gumpalan.
  6. Dosis pupuk yang diberikan pula Perlu tepat.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/12/pemupukan-kelapa-sawit-yang-baik-di.html.

Seputar Pemupukan Kelapa Sawit Yang Baik Di Lahan Gambut

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pemupukan Kelapa Sawit Yang Baik Di Lahan Gambut