Empat Cara Membuat Santan Kelapa | Seputar Kelapa Sawit

- Oktober 23, 2017

Empat Cara Membuat Santan Kelapa | Seputar Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacara membuat santan kelapa? Santan merupakan air perahan kelapa yng telah dikukur. Santan dasarnya memang terbuat dari daging buah kelapa. Suatu masakan yng ditambahi santan akan menjadi terasa makin gurih serta mempunyai tekstur yng kental.
Tak cuma makanan, santan pun acap kali dimasukkan ke dalam minuman. Beberapa masakan khas Nusantara yng memakai santan menjadi bumbu utamanya antara lain opor, gulai,semur, tongseng, rendang, lodeh, es cincau, es cendol, bubur sumsum, serta lain-lain. Malah beberapa jajanan serta kue tradisional pun tidak sedikit mempergunakan santan semisal nagasari, kue lapis, lemper, pukis, apem, carabikang, serta sebagainya.
cara-membuat-santan-kelapa.jpg
Setidaknya terdapat empat metode yng bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat santan dari daging buah kelapa. Yang akan di sajikan kali ini metode-metode yang telah di sebutkan!
  1. Memarut Daging Buah Kelapa
Memarut merupakan tatacara tradisional bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat santan kelapa. Telah lama warga atau juga bisa dikatakan masyarakat di Indonesia membuat santan yang dengannya metode ini. Menariknya terdapat perbedaan yng mencolok dari aktivitas memarut yng di lakukan oleh penduduk Indonesia di wilayah barat yang dengannya timur. Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yng tinggal di wilayah barat biasanya memarut mempergunakan parutan yng berbentuk papan yang dengannya tonjolan-tonjolan kecil tajam di sekujur permukaannya. Berbeda yang dengannya warga atau juga bisa dikatakan masyarakat di wilayah Indonesia timur yng memarut buah kelapa mempergunakan alat berupa sebatang besi yng tajam.
  1. Menggiling yang dengannya Blender
Blender diluar dugaan mampu pula lho dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggiling kelapa. Tentu saja prosesnya akan jauh lebih praktis dibandingkan yang dengannya memarut. Akan tetapi di sayangkan, santan yng diperoleh dari blender ini tak terlalu tidak sedikit serta bersifat encer. Hal ini barangkali dikarenakan masih tidak sedikit lemak yng terkandung di dalam ampas kelapa serta susah dikeluarkan. Adapun tatacara membikin santan mempergunakan blender dimulai yang dengannya memotong-motong daging buah kelapa sampai-sampai ukurannya menjadi kecil. Sesudah itu, masukkan potongan-potongan yang telah di sebutkan ke dalam blender serta tambahkan air secukupnya. Selanjutnya Kamu tinggal menggiling daging buah kelapa tadi hingga menjadi halus.
  1. Mempergunakan serta memanfaatkan Juicer
Sekilas juicer mirip semisal blender. Akan tetapi juicer bisa atau mampu mengeluarkan air sari yng terkandung di dalam suatu buah dalam jumlah yng lebih tidak sedikit. Jadi bisa dipastikan kalau santan yng diperoleh dari juicer mempunyai tekstur yng lebih kental daripada blender. Akan tetapi tetap saja air santan yng diperoleh dari parutan tradisional jauh lebih baik. Proses pembuatan santan memakai juicer dasarnya memang tidak ubahnya yang dengannya membuat jus. Kamu butuh memotong daging buah kelapa agar bisa ukurannya menjadi kecil-kecil. Sesudah itu, Kamu tinggal menyalakan juicer serta memproses daging buah kelapa yng ada di dalamnya.
  1. Mempergunakan Food Processor
Food processor umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggiling bahan makanan. Secara prinsip, alat ini dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan ulekan tradisional. Usut punya usut, food processor ini diluar dugaan mampu pula dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat santan kelapa. Walaupun begitu, Kamu Perlu mengeluarkan tenaga yng ekstra bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan santan yng dimau-kan. Kamu cukup memasukkan potongan-potongan daging buah kelapa ke dalam food processor, lantas memutar bagian tuasnya sampai-sampai potongan daging buah kelapa tadi berganti menjadi halus.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/empat-cara-membuat-santan-kelapa.html.

Seputar Empat Cara Membuat Santan Kelapa | Seputar Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Empat Cara Membuat Santan Kelapa | Seputar Kelapa Sawit