Cara Menanam Timun Apel Aceh Dan Budidaya Timun Apel Aceh

- Oktober 24, 2017

Cara Menanam Timun Apel Aceh Dan Budidaya Timun Apel Aceh

 
BUDIDAYA TIMUN APEL ACEH

hai sobat... di artikel ini saya akan membagikan tulisan atau artikel tatacara menanam timun apel aceh.
bagi yng belum tau ihwal timun apel aceh. Saya pula tidak lebih tau hehe...
yng terang timun apel aceh percis yang dengannya tanaman melon, dari bentuk batang serta daun dan bunga serta masa panen seluruh percis namun perawatan nya yng Amat gampang serta gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di tiru dijamin tidak sedikit hasil...
bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan BIBIT TIMUN APEL ACEH Amat gampang tinggal belih timun apel aceh yng benar2 matang buah yng matang berwarna putih kekuningan serta berbau wangi layaknya melon serta ukuran 5 - 8 ons.
kemudia jemur biji timun apel aceh selama 1minggu jangan hingga di kenai air, seusai itu simpen ditempat kering. Itu telah menjadi bibit.
kenapa semisal ittu lantaran bibit timun apel aceh belum perjual belikan oleh pabrik.
KEUNTUNGAN menanam Timun Apel Aceh sangatlah tidak sedikit. Yang dengannya modal 1jt mampu keuntungan mencapai 4 - 5jt. Apalagi sampi keluar kota misalnya di aceh harga per kg rp. 4500, dimedan rp. 25000, di padang tembus rp75000/kg. Gila kan Yng kami jual cuma 4500 ditempat...
nah berikut tatacara tanamnya :
1. Persiapan Lahan Tanam
Persiapan lahan tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk TIMUN APEL ACEH cukup 20 x 20m. Yang dengannya luas tanah sebesar itu cukup mengeluarkan modal 1.5juta saja.
2. Pengolahan TanahTanah menjadi media tumbuh tanaman cabe, sebelum ditanami Perlu diolah berlebi dahulu. Pengolahan tanah bertujuan merubah struktur tanah menjadi gembur sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkembangan akar tanaman, menstabilkan peredaran air, peredaran udara serta suhu di dalam tanah. Tahapan-tahapan pengolahan tanah di lakukan yang dengannya tata tatacara menjadi berikut : Pembersihkan gulma.Sisa-sisa tanaman ataupun perakaran dari gulma ataupun tanaman sebelumnya Perlu dibersihkan berlebi dahulu. Selain itu, lahan pula Perlu dibersihkan dari sampah-sampah plastik, kaleng, serta lain-lain.
Pembajakan ataupun pencangkulan.Pembajakan ataupun pencangkulan di lakukan tidak lebih lebih sedalam 40 - 60 cm, lantas diangin-anginkan selama 7 - 10 hari. Sebelum dibajak lahan digenangi air sehari semalam supaya tanah menjadi lunak. Pengeplotan bedengan.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat bedengan, maka lahan diplot berlebi dahulu yang dengannya mempergunakan benang ditarik memanjang ukuran 9-13 m, lebar 60 - 80cm. Sedangkan tingginya 30 - 40 cm (penanaman pada musim kemarau), 50-70 cm (bagi atau bisa juga dikatakan untuk musim hujan ataupun lahan persawahan), lebar parit 20 - 30 cm (musim kemarau), serta 30 - 40 cm (penanaman pada musim hujan). Lahan yng mempunyai curah hujan tinggi diusahakan mempunyai system drainase yng baik, oleh lantaran itu parit dibuat lebih lebar menjadikan tanah tak gampang becek. Air yng menggenang memicu penyakit busuk akar serta aneka macam penyakit lain-lainnya yng bisa memicu menurunkan produktifitas tanaman.
Pemupukan Serta Pengapuran.Pemupukan yang dengannya pupuk sangkar (kotoran ayam, domba, kambing, sapi ataupun kompos) yng sudah matang sebanyk 1,0 - 1,5 kg/tanaman. Pada tanah yang dengannya pH rendah < 5.5 (masam), di lakukan penambahan kapur pertanian sebanyk 100 - 125 gram/tanaman. Selain pupuk sangkar, di lakukan juga pemupukan kimia per bedengan 13 meter dibutuhkan tidak lebih lebih 4 kg, yng terdiri atas perbandingan 3 ZA : 1 Urea : 2 TSP : 1,5 KCL. Tiap 100 kg pupuk campuran yang telah di sebutkan ditambahkan 1 kg Borate serta 1,5 kg Furadan.
Pengadukan.Pengadukan ataupun pencampuran tanah, pupuk sangkar, pupuk kimia serta kapur pertanian sampai-sampai merata sembari dibalik-balik, lantas dibiarkan diangin-anginkan selama tidak lebih lebih 1-2 minggu. Pengadukan bisa mempergunakan alat simpel yakni cangkul.
Pembuatan BedenganSetelah di lakukan pengadukan pupuk serta kapur, langkah selanjutnya merupakan membuat bedengan sesuai plot yang dengannya tinggi tidak lebih lebih 30-40 cm pada lahan kering, 50-70 cm pada lahan basah semisal persawahan. Antar bedengan dibuatkan parit bagi atau bisa juga dikatakan untuk drainase.
Pemasangan MulsaPenggunaan mulsa plastik hitam perak (MPHP) pada system pertanian merupakan adalah upaya perbaikan teknik budidaya secara intensif menjadikan diperoleh panen yng lebih optimal. Mulsa plastik berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan penguapan air, mempertahankan suhu, kelembaban tanah, kandungan bahan organik, mengurangi jumlah serta kecepatan peredaran permukaan, menaikan penyerapan air serta mengendalikan pertumbuhan gulma.
Pembuatan Lubang TanamBedengan yng sudah ditutup mulsa dibiarkan selama 7-10 hari supaya unsur hara yang dengannya pupuk bereaksi serta segera bisa diserap tanaman. Sehari sebelum penanaman, lubang tanam Perlu telah dipersiapkan yang dengannya ukuran diameter tidak lebih lebih 10 cm. Jarak antar tanaman tidak lebih lebih 60 x 60 cm ataupun 70 x 70 cm.
Persemaian BenihDalam bisnis budidaya TIMUN APEL ACEH, Teknik penyemaian biji TIMUN APEL ACEH bisa di lakukan yang dengannya mempergunakan kotak persemaian, kantung plastik ataupun kantung dari daun kelapa, enau, pisang dll. Langkah awal dalam proses pembibitan cabe merupakan benih yng telah siap direndam air Anget berlebi dahulu tidak lebih lebih 30 menit, lantas direndam sehari semalam dalam larutan perangsang akar. Benih yng mengapung seusai direndam Perlu dibuang, lantaran benih yang telah di sebutkan pertumbuhannya tak akan maksimal. Lantas benih yng layak semai dibungkus yang dengannya kain basah serta dibiarkan sehari semalam lagi. Keesokan harinya benih disemaikan di media semai yng sebelumnya sudah disiapkan. Media semai yng dipakai berupa tanah gembur yng dicampur pupuk sangkar yng telah matang yang dengannya perbandingan 1:1, ditambahkan pupuk NPK BASS. Masukan media persemaian ke dalam plastik berdiameter 3 cm, tingginya tidak lebih lebih 5 cm, lantas basahi media tanam yang dengannya larutan perangsang akar sampai-sampai lembab. Selanjutnya, semaikan benih satu per satu ke plastik kecil yang telah di sebutkan. Andai mempergunakan kotak persemaian, maka benih yng sudah siap bisa langsung ditebarkan secara merata pada kotak persemaian yang telah di sebutkan yng sudah diisi yang dengannya media tanam berupa tanah serta pupuk sangkar.
PenanamanSetelah umur bibit di persemaian 5 - 7hari, bibit telah bisa dipindahkan ke lahan, pemindahan sebaiknya di lakukan pagi-pagi sebelum terik matahari ataupun sore hari. Jarak tanam bisa bervariasi 60 x 50 cm, 60 x 70 cm ataupun 70 x 70 cm, hal ini bergantung tingkat kesuburan tanah serta varietas yng dipakai. Waktu tanam yng paling baik merupakan pagi ataupun sore hari, serta bibit cabe sudah berumur 7 - 10 hari ataupun berdaun 2 helai.
TANAMAN INI ADALAH TANAMAN RAMBAT DAN TIDAK PERLU PEMASANGAN AJIR. CUKUP DIBIARKAN SAJA TANPA DIPOTONG DAHAN/ CABANG NYA.BIAARKAN DIA TUMBUH ALAMI.
PenyulamanBibit ataupun tanaman muda yng mati ataupun terserang penyakit Perlu diganti ataupun disulam. Bibit sulaman yng baik diambil dari tanaman yng sehat serta tepat waktu (umur bibit) bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman. Penyulaman di lakukan pada minggu pertama ataupun selambat-lambatnya minggu kedua. Sebaiknya penyulaman di lakukan pagi ataupun sore hari.
Pemupukan SusulanPemupukan susulan kedua serta ketiga masing-masing 30% pupuk buatan diberikan pada umur 15 hari seusai tanam melalui lubang yng dibuat antar tanaman.
Pengairan / PenyiramanPengairan Perlu senantiasa diperhatikan, lantaran air adalah faktor vital bagi tanaman cabe. Penyiraman yng paling tidak sedikit (2 hari sekali) yakni, pada fase vegetatif < 40 HST (hari seusai tanam). System pengairan bisa yang dengannya mempergunakan selang yng dimasukkan ke mulsa plastik melalui lubang tanaman, sampai-sampai posisi selang air tepat di tengah-tengah tempat tanaman cabe.
Penyiangan GulmaGulma ataupun tanaman pengganggu Perlu senantiasi dibersihkan dari semenjak masa tanam sampai-sampai masa panen. Penyiangan terhadap gulma ataupun tanaman pengganggu Perlu di lakukan secara rutin misal seminggu sekali. Gulma adalah menjadi pesaing tanaman cabe bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh unsur hara, air, ataupun sinar matahari. Kalau tak di lakukan penyiangan/pembersihan gulma secara rutin maka akan gampang menjadi sarang hama ataupun penyakit.
Masa panenMasa panen TIMUN APEL ACEH seusai tanaman berumur 57 hari. Pada tatkala panen petik buah yng warna putih kekuningan ataupun putih tidak banyak kehijauan. Jangan terlalu hijau karna tak bisa matang sendiri seusai dipetik. Petik yang dengannya telaah jangan hingga tak laku dipasar.
Thanks sudah berkujung diblog saya jangan tidak ingat bagikan tulisan atau artikel ini thanks.


Sumber rujukan dan gambar : http://petanimodalkecil.blogspot.com/2016/11/cara-menanam-timun-apel-aceh-dan.html.

Seputar Cara Menanam Timun Apel Aceh Dan Budidaya Timun Apel Aceh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Timun Apel Aceh Dan Budidaya Timun Apel Aceh