Cara Menanam Tin Dalam Pot – Tabulampot Tin

- Oktober 24, 2017

Cara Menanam Tin Dalam Pot – Tabulampot Tin

 
cara menanam tin dalam potCara Menanam Tin dalam Pot ataupun Tabulampot Tin. Buah tin (Ficus carica) telah dikenal sejak 5.000 tahun silam. Dahulu, buah tin dikenal menjadi buahnya para bangsawan Eropa serta Timur Sedang. Di sayangkan, di Indonesia, pohon tin masih belum ternama. Kebanykan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat cuma mempergunakannya menjadi tanaman peneduh.

A. Sipat-sipat Tanaman Tin

Buah tin mempunyai aroma serta rasa yng mirip semisal gabungan pepaya yang dengannya jambu biji. Teksturnya empuk, berbiji tidak sedikit, serta memiliki kandungan air. Andai dikunyah, di lidah terasa manis serta kesat. Selain dimakan langsung, buah tin pula nikmat dijadikan manisan kering, campuran puding, ataupun olahan lain-lainnya.

B. Jenis-jenis Buah Tin

Jenis Buah Tin Bentuk serta Warna Buah, dan Warna Kulit Buah Rasa Buah Keterangan Lain
Black Ischia Sekilas, bentuk buah semisal jambu air berwarna ungu tua yang dengannya dasar kehijauan. Daging buah berwarna merah keunguan. Mirip semisal sawo Jenis ini paling Suka dijadikan tabulampot.
Panache Tiger Buah berwarna hijau bergaris kuning. Sementara itu, daging buah berwarna merah terang. Uniknya, disaat muda, jenis ini tak mempunyai bintik. Padahal, bintik pada buah menandakan kekhasan buah tin.
Flanders Warna buah garis-garis ungu yang dengannya noda putih Buah tin jenis ini terbilang paling produktif dibandingkan yang dengannya jenis lain-lainnya.
Conadria Warna buah hijau kekuningan. Daging buah merah muda. Rasanya tak terlalu manis. Mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi segar ataupun dikeringkan. Amat produktif dan tahan panas serta kekeringan.
Long yellow Warna buah kuning serta tangkai buah panjang. Rasanya cukup manis. Proses pematangan buah lebih lambat dibandingkan yang dengannya jenis lain.
Negronne Kulitnya ungu kehitaman. Dagingnya berwarna merah tua. Rasanya paling enak dibandingkan yang dengannya jenis lain. Cocok ditanam secara tabulampot.

C. Tanda Bibit Unggul Tanaman Tin

tabulampot tinBibit buah tin kini mampu diperoleh di toko-toko pedagang bibit tanaman. Biasanya, bibit tanaman buah tin muda dijual yang dengannya harga Rp75.000—Rp100.000. Akan tetapi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis langsung mampu mencapai harga 2 juta rupiah. Dalam membeli, pilihlah tanaman yng sehat, tak ada bekas serangan penyakit, percabangannya kuat, dan daunnya lebat serta berwarna hijau. Lebih baik lagi andai membeli buah tin yng telah berbuah. Akan tetapi, pasti harganya lebih tidak murah dibandingkan tanaman tin muda.

D. Pemindahan Bibit Tin ke Dalam Pot

  1. Siapkan pot plastik berdiameter 40 cm, isi bagian dasarnya yang dengannya pecahan bata ataupun genting sampai-sampai merata.
  2. Masukkan media tanam ke dalam pot sampai-sampai ketinggian setengahnya. Campuran media tanam yng dipakai berupa tanah subur, pupuk sangkar, sekam mentah, serta sekam bakar yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 1 : 1.
  3. Masukkan bibit ke dalam media tanam tepat di tengahnya.
  4. Tambahkan kembali media tanam ke dalam pot sampai-sampai ketinggian 2 cm dari bibir pot, tekan-tekan supaya media memadat, lantas siram yang dengannya air secukupnya.
  5. Letakkan tanaman di tempat teduh selama seminggu. Sesudah itu, tanaman mampu dipindahkan di tempat terbuka secara bertahap.

E. Perawatan Harian Tabulampot Tin

a. Pemupukan

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu pertumbuhan tanaman, pemupukan mampu mempergunakan NPK 15-15-15 yang dengannya dosis sebanyk 1 sendok teh yng diberikan setiap dua minggu sekali. Andai butuh, tambahkan pula pupuk hayati yang dengannya beragam merek dagang yng dijual di pasaran. Terbukti pupuk hayati ini bisa memacu pertumbuhan buah.

b. Penyiraman

Andai ditanam di daerah bersuhu lembap (25—30° C), penyiraman cukup di lakukan seminggu sekali. Akan tetapi, andai ditanam di daerah bersuhu panas (30—38° C), penyiraman mampu di lakukan dua kali sehari.

c. Penggantian Media

Penggantian media mampu di lakukan dua tahun sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjang pertumbuhan buah serta tanaman. Komposisi campuran media yng dipakai percis yang dengannya media tanam sebelumnya. Andai pohon makin membesar, otomatis di lakukan pula penggantian pot (repotting) yang dengannya pot yng lebih besar.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-tin-dalam-pot-tabulampot.html.

Seputar Cara Menanam Tin Dalam Pot – Tabulampot Tin

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Tin Dalam Pot – Tabulampot Tin