Pembibitan Kelapa Sawit Pre-nursery Dan Main-nursery

- September 20, 2017

Pembibitan Kelapa Sawit Pre-nursery Dan Main-nursery

 
Budidaya kelapa sawit menganut system pembibitan (nursery) sebanyk dua tahap yakni pre-nursery dan main-nursery. Secara singkat, pre-nursery adalah pembibitan tahap awal sedangkan main-nursery merupakan pembibitan tahap utama. Penjelasan lebih lanjut mengenai kedua jenis system pembibitan yang telah di sebutkan akan kami jelaskan secara lengkap di bawah ini.
pembibitan-pre-nursery-dan main-nursery.jpg
Pada budidaya kelapa sawit, pembibitan bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit-bibit kelapa sawit mempunyai kualitas unggulan. Bibit ini ditumbuhkan dari buah kelapa sawit yng telah diolah sedemikian rupa dan berganti menjadi kecambah. Seusai itu barulah pembibitan memasuki tahap pre-nursery lantas berlanjut ke tahap main-nursery.
Tahap Pembibitan Pre-nursery
Tahap pembibitan pre-nursery adalah tahap pengembangbiakan kecambah kelapa sawit menjadi bibit berukuran kecil. Lama waktu tahapan ini berlangsung antara 2-3 bulan. Adapun tujuan system pembibitan prenursery ini yakni mempermudah pemantauan awal menjadikan tingkat pertumbuhan sawit dan kondisinya terjaga.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melaksanakan pembibitan pre-nursery, kecambah kelapa sawit ditanam pada polybag berjenis black UV stabilized yng sudah diisi campuran tanah lapisan top soil dan pupuk fosfor (P). Polybag yang telah di sebutkan berukuran 14 x 25 x 0,1 cm dan mempunyai 250 lubang. Sedangkan ukuran seeding bed merupakan 10 x 1,2 m yang dengannya daya tampung setiap bed mencapai 1.000 kecambah. Kebutuhan air masing-masing bibit pada tahap prenursery ini yakni 0,1-0,3 liter/hari.
Tahap Pembibitan Main-nursery
Bibit kelapa sawit yng telah berusia lebih dari 3 bulan selanjutnya akan memasuki tahap pembibitan main-nursery. Tahap ini berlangsung selama 10-12 bulan. Pembibitan utama (main-nursery) bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan bibit-bibit kelapa sawit yng siap ditanam di lahan terbuka.
Berbeda yang dengannya tempat pembibitan prenursery yng sebaiknya dipilih dekat yang dengannya pemukiman, pada tahan pembibitan main-nursery, pemilihan tempatnya lebih baik dekat yang dengannya kebun budidaya. Area yng dipakai mempunyai permukaan rata, bebas banjir, dan suci dari hama dan penyakit. Tempat pembibitan kelapa sawit main-nursery pula seyogyanya dekat yang dengannya sumber air dan telah dilengkapi system drainase yng baik.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/11/pembibitan-kelapa-sawit-pre-nursery-dan.html.

Seputar Pembibitan Kelapa Sawit Pre-nursery Dan Main-nursery

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pembibitan Kelapa Sawit Pre-nursery Dan Main-nursery