Inilah Klasifikasi Kelapa Sawit Yang Lengkap

- September 27, 2017

Inilah Klasifikasi Kelapa Sawit Yang Lengkap

 
Apakah kamu sedang mencari berita penjabaran kelapa sawit yang lengkap? Kelapa sawit (Elaeis) merupakan tumbuhan dari keluarga palem-paleman (Arecaceae) yang berperan penting bagi industri. Kelapa sawit umumnya diolah menjadi minyak goreng, minyak industri, serta biodiesel. Indonesia adalah negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Kebun-kebun kelapa sawit di Indonesia tidak sedikit terdapat di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, serta Pulau Sulawesi.
klasifikasi-kelapa-sawit-yang-lengkap.jpg
Kelapa Sawit
Layaknya pohon palma yang lain, kelapa sawit adalah pohon yang dengannya daun majemuk yang tersusun menyirip. Pohon kelapa sawit mampu tumbuh yang dengannya ketinggian mencapai 24 meter. Kelapa sawit memiliki akar serabut yang mengarah ke bawah serta samping, dan akar napas yang tumbuh ke atas menjadi aerasi.
Daun kelapa sawit berwarna hijau tua serta tersusun majemuk secara menyirip. Pelepah kelapa sawit berwarna hijau muda dan ditumbuhi duri yang tak terlalu tajam. Sampai-sampai umur 12 tahun, batang kelapa sawit akan diselimuti pelepah. Pelepah akan mengering serta terlepas yang dengannya sendirinya sesudah tanaman berumur 12 tahun.
Bunga kelapa sawit bersifat monoecious diclin ataupun terdapat bunga jantan serta bunga betina yang terpisah akan tetapi berada pada satu pohon. Bunga-bunga ini matang dalam waktu yang tak percis menjadikan jarang sekali berlangsung penyerbukan secara alami. Tanda-ciri bunga jantan yakni berukuran panjang serta berbentuk lancip, sedangkan bunga betina tampak besar serta merekah.
Buah kelapa sawit mempunyai warna mulai dari hitam, ungu, hingga merah bergantung varietasnya. Buah tumbuh secara bergerombol di dalam tandan yang tumbuh dari masing-masing pelepah. Buah ini dia yang nantinya diolah menjadi minyak. Makin matang buah kelapa sawit, makin tidak sedikit juga minyak yang mampu dihasilkannya. Buah kelapa sawit yang sudah matang akan rontok yang dengannya sendirinya lantaran memiliki kandungan asam lemak bebas (free fatty acid) yang meningkat tajam.
Butuh diketahui, buah kelapa sawit terdiri dari tiga lapisan. Yang pertama merupakan eksoskarp yakni bagian kulit buah yang berkelir kemerah-merahan serta bertekstur licin. Lapisan yang kedua yaitu mesoskarp ataupun serabut buah kelapa sawit. Serta yang ketiga merupakan endoskarp adalah cangkang pelindung inti. Inti sawit biasa disebut pula kernel sebetulnya adalah biji endosparma serta embrio yang memiliki kandungan minyak inti bermutu tinggi.
Kelapa sawit berkembang biak secara generatif melalui biji. Prosesnya, buah sawit yang sudah matang akan rontok dari pohon serta jatuh ke tanah. Andaikan kondisi tanah memungkinkan, maka buah yang telah di sebutkan akan berkecambah menghasilkan tunas serta bakal akar. Kondisi lingkungan yang ideal bakal mendorong bibit sawit yang telah di sebutkan tumbuh sampai-sampai menjadi pohon kelapa sawit yang tinggi menjulang.
Yang akan di sajikan kali ini penjabaran ilmiah yang lengkap dari pohon kelapa sawit!
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Arecales
  • Famili : Arecaceae
  • Genus : Elaeis Jacq.
  • Species : Elaeis guineensis serta Elaeis oleifera


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/08/inilah-klasifikasi-kelapa-sawit-yang.html.

Seputar Inilah Klasifikasi Kelapa Sawit Yang Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Klasifikasi Kelapa Sawit Yang Lengkap