Ini Dia Manfaat Dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

- September 06, 2017

Ini Dia Manfaat Dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

 
Apakah manfaat dan kegunaan dari kelapa sawit? Kelapa sawit merupakan tanaman budidaya yng bisa diolah buahnya menjadi minyak. Namun tahukah kamu kalau minyak kelapa sawit mampu dibuat menjadi macam-macam produk pangan, kosmetik, obat-obatan, dan industri?
manfaat-dan-kegunaan-kelapa-sawit.jpg
Produk-produk dari Kelapa Sawit
Dasarnya memang, minyak kelapa sawit mampu dibedakan menjadi dua jenis yakni CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil). CPO (Crude Palm Oil) yakni minyak yng dibuat dari daging buah (mesocarp) kelapa sawit dan bersifat kasar. Sedangkan PKO (Palm Kernel Oil) merupakan minyak yng dibuat dari inti buah (kernel) kelapa sawit menjadikan menyerupai minyak kelapa (coconut oil). Dari kedua jenis minyak kelapa sawit yang telah di sebutkan selanjutnya akan diolah di pabrik refineri dan akstraksi menjadi bermacam-macam minyak kelapa sawit yng ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan produk tertentu semisal bahan makanan, kosmetik, obat-obatan, industri, dan sebagainya.
1. Minyak Kelapa Sawit Menjadi Bahan Makanan
Baik minyak kelapa sawit jenis CPO maupun PKO, keduanya bisa diolah menjadi bahan makanan. Di antaranya minyak goreng, mentega, dan asam lemak nabati. Terdapat lima tahapan yng setidaknya Perlu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah minyak mentah menjadi minyak konsumsi dimulai dari fractionating, hydrogenation, refining, bleaching dan deodozing.
2. Minyak Kelapa Sawit Menjadi Bahan Adiktif
Bahan adiktif merupakan bahan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu terbentuknya suatu produk yng dimau-kan. Menjadi bahan adiktif, minyak kelapa sawit umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan es krim, cokelat, vanaspati, dan pakan ternak. Tidak cuma itu, minyak dari kelapa sawit pula seringkali dijadikan menjadi bahan penolong dalam pembuatan minyak pelumas, dempul, penyamak kulit, perekat insektisida, dan tinta cetak.
3. Minyak Kelapa Sawit Menjadi Kosmetik
Kandungan vitamin dan mineral yng tinggi di dalam minyak kelapa sawit mendorong produsen kosmetik mengembangkan produk-produk yng terbuat dari bahan ini. Butuh diketahui bahwasanya minyak dari kelapa sawit ini adalah bahan yng memiliki kandungan vitamin E berupa tocopherol dan tocotrienol yng terbilang tinggi. Beberapa semisal produk yng biasanya mempergunakan minyak kelapa sawit menjadi bahan baku adalah cream, lotion, shampo, dan pomade.
4. Minyak Kelapa Sawit Menjadi Obat
Dalam dunia obat-obatan, minyak kelapa sawit tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat produk-produk perawatan tubuh. Malah baru-baru ini dibuktikan andai minyak kelapa sawit memiliki kandungan senyawa dan zat antioksidan yng bisa atau mampu mencegah pembelahan sel tak sempurna pada penyakit kanker.
5. Minyak Kelapa Sawit Menjadi Industri
Di dalam dunia industri berat dan ringan, minyak kelapa sawit adalah bahan baku yng teramat penting. Ada ramai sekali produk yng memakai minyak ini menjadi bahan dasar pembuatannya. Minyak kelapa sawit mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat oleochemical dasar dan oleochemical turunan. Beberapa produk turunan minyak kelapa sawit antara lain fatty acid, fatty amines, fatty alcohol, fatty ester, glycerol, methyl etilene, dan opoksi compound.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/08/ini-dia-manfaat-dan-kegunaan-minyak.html.

Seputar Ini Dia Manfaat Dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Dia Manfaat Dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit