Cara Menanam Lengkeng Dalam Pot – Tabulampot Lengkeng

- September 16, 2017

Cara Menanam Lengkeng Dalam Pot – Tabulampot Lengkeng

 
menanam lengkeng dalam potCara Menanam Lengkeng dalam Pot ataupun Tabulampot Lengkeng. Selain dinikmati buahnya, lengkeng pula Amat menguntungkan disaat dibisniskan. Tak meyakini? Coba saja beli bibit tanaman lengkeng, lantas pelihara sampai-sampai tanaman berbuah. Disaat dijual, pasti harga tanaman yang telah di sebutkan menjadi berkali-kali lipat dibandingkan tatkala Kamu membeli bibitnya.
Lengkeng (Nephelium longanum) berasal dari daerah subtropis di wilayah Cina. Lengkeng masih satu famili yang dengannya rambutan, kapulasan, serta leci. Pohonnya bisa menjadi besar serta bercabang tidak sedikit, daunnya rimbun, serta masih berproduksi walaupun umurnya di atas 100 tahun.

A. Sipat-sipat Pohon Lengkeng

Tanaman lengkeng mempunyai batang serta kayu yng kuat. Buahnya berbentuk malai, umumnya tumbuh di ujung ranting. Daging buah tipis ataupun tak terlalu tebal, berwarna putih kekuningan ataupun kuning muda. Sifat daging buah lengkeng “ngelotok”. Rasanya bervariasi, dari tidak lebih manis, manis, sampai-sampai segar manis. Aromanya pula variatif, dari langu, agak harum, sampai-sampai tidak lebih harum.

B. Syarat Tumbuh Pohon Lengkeng

1. Suhu udara minimum 15—25° C serta maksimum 25—35° C. Akan tetapi, tumbuh produktif pada suhu harian 27° C.
2. Di Indonesia, tanaman lengkeng bisa tumbuh di ketinggian tempat 1—1.200 m dpl. Batas optimum ketinggian tempat cuma hingga 700 m dpl, kecuali bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan rehabilitasi tanah kritis.
3. Berbunga setahun sekali, umumnya pada bulan Agustus—Oktober serta buah bisa dipanen 4 bulan sesudah bunga mekar.

C. Jenis-jenis Lengkeng

tabulampot lengkengBiasanya, terdapat tiga jenis lengkeng yng ternama di Indonesia, yakni itoh, diamond river, serta pingpong. Masing-masing mempunyai keunggulan. Diamond river serta pingpong relatif cepat berbuah, akan tetapi kualitas buahnya rendah. Sementara itoh, meskipun susah dibuahkan, akan tetapi daging buah yng diperoleh tebal, kering, serta renyah yang dengannya rasa yng manis. Selain tiga jenis lengkeng yang telah di sebutkan, jenis lengkeng lain yng ada di pasaran merupakan puang rai, kristal, aroma duren, satu jari, cina ataupun kaisar, serta hawei ataupun putih.

D. Lengkeng bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tabulampot

Didasari tempat asal tumbuhnya, lengkeng terbagi menjadi dua golongan, yaitu lengkeng dataran tinggi serta lengkeng dataran rendah. Tatkala ini, hobiis malah memburu lengkeng dataran rendah. Selain sifatnya yng genjah, lengkeng dataran rendah pula bisa berbuah walaupun ditanam di media dibatasi. Jenis lengkeng dataran rendah merupakan diamond river, pingpong, kristal, itoh, aroma duren, serta puang rai. Akan tetapi, sebisa barangkali, pilihlah buah yng berasal dari perbanyakan vegetatif, semisal cangkok, okulasi, serta sambung, supaya tanaman gampang berbuah.

E. Mengalihkan Bibit Lengkeng dari Polibag ke Pot

Menanam lengkeng di pot tidak banyak berbeda yang dengannya lengkeng yng ditanam di tanah secara langsung. Berikut tip menamam lengkeng di dalam pot.
  1. Siapkan pot plastik berdiameter 45—50 cm. Pastikan ada beberapa lubang di bagian bawahnya.
  2. Letakkan pecahan genting ataupun bata merah setebal 5 cm di dasar pot. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalirkan air siraman.
  3. Masukkan campuran tanah, pupuk sangkar, serta pasir ataupun sekam mentah yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 1 sampai-sampai ketinggian 1/2 pot.
  4. Masukkan bibit pohon lengkeng tepat di sedang pot, lantas tambahkan kembali media tanam sampai-sampai mendekati bibir pot.
  5. Siram yang dengannya air sampai-sampai air keluar dari dasar pot. Selanjutnya, letakkan tanaman lengkeng di tempat yng ternaungi ataupun teduh selama beberapa waktu.

F. Perawatan Harian Tabulampot Lengkeng

a. Penyiraman

Tanaman lengkeng bisa disiram dua hari sekali. Penyiraman mampu mempergunakan gembor. Penyiraman di lakukan sampai-sampai air keluar dari bagian bawah pot.

b. Pemupukan

Tanaman lengkeng yng ditanam dalam pot mampu dipupuk setiap tiga bulan sekali ataupun minimum enam bulan sekali yang dengannya pupuk sangkar sebanyk 5 kg. Pupuk NPK seimbang boleh dipakai, akan tetapi cukup diberikan empat bulan sekali yang dengannya dosis 25 gram per tanaman sampai-sampai berumur 3 tahun. Lebih dari itu, dosis pupuk NPK ditambah menjadi 100 gram per tanaman.

c. Pencahayaan

Satu hal yng butuh diketahui, tanaman lengkeng Amat menyukai sinar matahari. Andai intensitas pencahayaan tidak lebih, maka produktivitasnya akan menurun. Malah, mampu jadi tak berbuah.

d. Pemangkasan

perawatan tabulampot lengkeng
  1. Potong batang utama yang dengannya cuma menyisakan batang setinggi 80—100 cm. Satu batang utama yng dipotong akan menumbuhkan beberapa cabang primer. Akan tetapi, cuma 3 cabang primer yng dipelihara.
  2. Cabang primer yng terpilih pula dipangkas serta cuma menyisakan cabang sepanjang 30—50 cm. Dari cabang primer yng tumbuh disisakan pula masing-masing 3 cabang sekunder. Berguna jumlah cabang sekunder terpilih berjumlah 9 cabang.
  3. Pangkas cabang tersier serta sisakan 30—50 cm. Dari cabang sekunder yng ada, masing-masing akan menghasilkan beberapa cabang tersier. Bunga pun akan bermunculan dari cabang tersier ini. Pemangkasan sebaiknya di lakukan pada musim penghujan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan berlebihan.

e. Penggantian Media

Masa produktif tabulampot lengkeng sekitar 3—10 tahun. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, supaya tetap produktif, setiap setahun sekali media tanam Perlu diganti yang dengannya media baru. Fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganti nutrisi yng sudah dipakai tanaman serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggemburkan kembali media tanam yng sudah mengeras. Mengenai wadah ataupun potnya, bergantung selera. Andai tanaman makin membesar, pot yng dipakai mampu berupa pot plastik berdiameter 70 cm ataupun berupa drum bekas yng dibagi dua.

G. Mempercepat Pembungaan Pohon Lengkeng

Biasanya, pembungaan paling produktif berlangsung pada musim penghujan. Akan tetapi, adakalanya tanaman mogok berbunga. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi hal yang telah di sebutkan, mampu di lakukan beberapa hal berikut.
  1. Tiga bulan sebelum musim hujan tiba, berikan pupuk NPK 15-20-20 yang dengannya dosis 25 gram per tanaman.
  2. Lakukan stres air. Tatacaranya, tanaman tak disiram selama seminggu, lantas siram tidak banyak air saja selama tiga hari. Selanjutnya, tanaman tak disiram lagi selama seminggu. Perlakuan ini di lakukan sampai-sampai muncul bakal bunga.
  3. Pangkas daun tanaman supaya tak berlangsung penimbunan karbohidrat.
  4. Andai butuh, berikan zat pengatur tumbuh, semisal Atonik serta Dekamon yang dengannya dosis sesuai anjuran pada kemasan.

H. Memaksimalkan Pertumbuhan Buah Lengkeng

Kualitas buah lengkeng akan maksimal disaat masa pembuahan telah berlangsung 3 kali. Lantaran itu, bunga yng pertama kali muncul mampu dirontokkan. Yang dengannya harapan, cabang yng tumbuh akan makin bertambah, serta bunga selanjutnya yng tumbuh makin tidak sedikit.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-lengkeng-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Lengkeng Dalam Pot – Tabulampot Lengkeng

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Lengkeng Dalam Pot – Tabulampot Lengkeng