Pengendalian Rayap Pada Kelapa Sawit Secara Tepat

- Agustus 05, 2017

Pengendalian Rayap Pada Kelapa Sawit Secara Tepat

 
Bagaimana metode pengendalian rayap pada kelapa sawit secara tepat? Rayap (Coptotermes curvignathus) adalah serangga yng dikenal luas menjadi satu dari sekian banyaknya hama yng memicu kerugian ekonomi cukup besar. Lantaran serangannya tergolong serius, hama ini butuh ditangani yang dengannya sungguh-sungguh, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkebunan kelapa sawit di lahan gambut.
pengendalian-rayap-pada-kelapa-sawit.jpg
Kelapa Sawit
Rayap bisa merusak seluruh bagian tanaman kelapa sawit. Berbeda yang dengannya hama babi hutan, hewan ini Amat rakus memangsa tumbuhan budidaya, baik disaat masih dalam bentuk bibit, tanaman muda, ataupun tanaman dewasa. Rayap menyerang kelapa sawit yang dengannya menggerek serta memakan seluruh bagian tanaman, tidak terkecuali pada titik tumbuhnya. Itulah mengapa serangan yng berat bisa atau mampu memicu kelapa sawit mengalami kematian.
Di bawah ini gejala-gejala yng muncul andai kelapa sawit terserang rayap, antara lain :
  1. Terlihatnya lorong-lorong tanah berukuran kecil yng ada di permukaan batang dari tanah mengarah tegak ke bagian atas tanaman.
  2. Secara tiba-tiba, daun pupus kelapa sawit mengalami layu serta lambat-laun menjadi kering.
  3. Ditemukannya koloni rayap di sekeliling tanaman kelapa sawit.
Tips pengendalian rayap bisa di lakukan yang dengannya dua metode, yakni manual serta kimiawi. Metode manual merupakan pengendalian yang dengannya tangan kosong, sedangkan metode kimiawi mempergunakan bahan-bahan kimia bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberantas rayap. Penjelasan ihwal kedua metode yang telah di sebutkan akan diterangkan secara lengkap di bawah ini.
Pengendalian Rayap Secara Manual
Pengendalian rayap secara manual dikerjakan yang dengannya menghancurkan sarang rayap serta membunuh serangga-serangga di dalamnya. Metode ini akan lebih efektif andai sukses menjumpai ratu rayap serta membinasakannya. Akan tetapi kendalanya susah sekali menjumpai sarang rayap di kebun kelapa sawit. Para petani umumnya memberantas rayap yng terlihat di batang kelapa sawit supaya hubungan antara pokok sawit yang dengannya sarang rayap terputus sementara.
Pengendalian Rayap Secara Kimiawi
Melalui tips kimiawi, pengendalian rayap mampu di lakukan yang dengannya memakai bahan-bahan kimia yng bersifat racun bagi rayap. Di antaranya kamu mampu mempergunakan serta memanfaatkan Regent 50 SC yng memiliki kandungan bahan aktif Fipronil yang dengannya dosisi sebanyk 2,50 ml/l air per pohon kelapa sawit. Bisa pula mempergunakan Termiban 400 EC yng berbahan aktif Chlorpyriphos yang dengannya dosis penggunaan sejumlah 6,25 ml/l air bagi atau bisa juga dikatakan untuk masing-masing kelapa sawit yng terserang rayap.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/10/pengendalian-rayap-pada-kelapa-sawit.html.

Seputar Pengendalian Rayap Pada Kelapa Sawit Secara Tepat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengendalian Rayap Pada Kelapa Sawit Secara Tepat