Cara Pemberian Pupuk Urea Pada Kelapa Sawit

- Agustus 13, 2017

Cara Pemberian Pupuk Urea Pada Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacara pemberian pupuk urea? Proses budidaya kelapa sawit tak mampu cuma ditumpukan pada proses pemupukan saja. Ada faktor-faktor lain yng pula berpengaruh besar terhadap tingkat pertumbuhan tanaman semisal pemilihan benih, pengolahan lahan, perawatan tanaman, dan pengendalian hama serta penyakit.
Tak disangkal, pupuk memberikan andil yng Amat penting dalam rangka menaikan produktivitas tanaman kelapa sawit. Pemupukan Perlu di lakukan sesuai yang dengannya kebutuhan tanaman serta kondisi tempat secara spesifik. Oleh lantaran itu, penting sekali mempertimbangkan pemberian pupuk secara bijak pendapat dari kemampuan tanah dalam menyerap unsur hara serta prosentase kebutuhan hara pada tanaman sawit menjadikan penggunaan pupuk lebih efisien.
cara-pemberian-pupuk-urea.jpg
Guna menaikan hasil serta kualitas buah yng diperoleh, pohon kelapa sawit butuh unsur hara dalam jumlah yng tidak sedikit antara lain nitrogen, fosfat, kalium, serta belerang. Tidak cuma itu, tanaman pula memerlukan unsur hara sekunder semisal kalsium, magnesium, dan unsur hara mikro misalnya seng, tembaga, serta besi. Satu dari sekian banyaknya pupuk yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pohon kelapa sawit adalah pupuk urea. Ini adalah pupuk anorganik tunggal yng memiliki kandungan unsur nitrogen dalam kadar yng tinggi.
Pupuk urea bersifat higroskopis yaitu gampang menguap di udara, khususnya pupuk urea yng berbentuk prill. Jadi pupuk ini gampang larut dalam air dan cepat diserap oleh tanaman. Pupuk urea umumnya diberikan kepada pohon kelapa sawit yang dengannya jalan memasukkannya ke dalam lubang yng sudah dibuat mengelilingi batang pokok yang dengannya kedalaman sekitar 20-30 cm. Sedangkan dosis pemberiannya Perlu disesuaikan yang dengannya kebutuhan tanaman serta kondisi lahan.
Secara garis besar pupuk urea memiliki kandungan unsur nitrogen sampai-sampai mencapai 46 %. Hal ini berguna dalam 100 kg pupuk urea tersimpan unsur N sebanyk 46 kg. Pupuk urea mempunyai manfaat yng Amat besar karena unsur nitrogen di dalamnya berperan penting dalam mendukung pertumbuhan kelapa sawit, khususnya pada fase vegetatif. Tanaman yng kekurangan unsur ini akan memicu pertumbuhannya menjadi terhambat.
Tanaman kelapa sawit yng diberikan pupuk urea dalam dosis yng tepat akan menunjukan ciri-ciri pertumbuhan yng baik. Di antaranya tanaman terlihat lebih subur, kondisi batangnya tampak kokoh, serta warna daunnya hijau segar lantaran tidak sedikit memiliki kandungan klorofil. Sebaliknya tanaman yng kekurangan unsur nitrogen mempunyai daun yng berwarna hijau pucat hingga kekuning-kuningan, jaringan di dalam daunnya akan mati serta mengering, dan pertumbuhannya mengalami keterlambatan. Buah yng diperoleh oleh kelapa sawit yng kekurangan unsur N pula memiliki bentuk yng tak sempurna.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/cara-pemberian-pupuk-urea-pada-kelapa.html.

Seputar Cara Pemberian Pupuk Urea Pada Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Pemberian Pupuk Urea Pada Kelapa Sawit