Cara Memanen Buah Kelapa Sawit Yang Tepat

- Agustus 30, 2017

Cara Memanen Buah Kelapa Sawit Yang Tepat

 
Bagaimana tatacara memanen buah kelapa sawit yang tepat? Proses pemanenan ataupun dikenal pula yang dengannya sebutan Sotong buah adalah pekerjaan yang paling penting dalam budidaya kelapa sawit. Pasalnya proses ini berpengaruh langsung terhadap jumlah pemasukan yang akan diterima perusahaan. Melalui penjualan minyak serta inti kelapa sawit, pihak perusahaan mampu memperoleh keuntungan dari budidaya ini.
cara-memanen-kelapa-sawit.jpg
Kelapa Sawit
Proses pemanenan buah kelapa sawit biasanya di lakukan oleh para petugas lapangan. Penggunaan metode yang baik serta benar akan berpengaruh pada kuantitas kelapa sawit yang mampu dipanen. Sedangkan pemilihan waktu pemanenan yang tepat sanggup memberi pengaruh kualitas dari buah-buah kelapa sawit yang diambil.
Tingkat produktifitas suatu lahan kelapa sawit mampu dilihat dari minyak serta inti kelapa sawit yang diperoleh. Peningkatan produksi paling gampang di lakukan yang dengannya mengurangi tingkat kesalahan selama proses pemanenan. Jadi kunci utama dari kesuksesan pemanenan kelapa sawit merupakan membuat kecil tingkat kesalahan yang di lakukan.
Kesalahan yang pertama serta paling tidak sedikit di lakukan oleh pemanen kelapa sawit yakni memetik buah yang masih mentah serta belum matang sempurna. Buah yang sudah matang serta tak segera dipanen pun bisa mengurangi tingkat produksi. Mampu pula pengambilan brondolan buah yang tak menyeluruh. Sedangkan faktor eksternal yaitu buah ataupun brondolan kelapa sawit dicuri orang lain.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan proses pemanenan kelapa sawit yang tepat, setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhinya yakni pengaturan seksi potong buah, persiapan perlengkapan serta bahan panen, dan persiapan tenaga pemanen. Yang akan di sajikan kali ini kami jelaskan pengertiannya masing-masing!
1. Pengaturan Seksi Potong Buah
Waktu potong buah Perlu diatur serta dibagi menjadi beberapa seksi supaya pohon kelapa sawit tetap bisa tumbuh secara normal serta produktif. Umumnya pemanenan buah di lakukan setiap enam kali dalam seminggu, di mana setiap lahan dikelompokkan menjadi enam bagian. Pengambilan buah sawit dikerjakan dari Senin hingga yang dengannya Sabtu. Jumlah rotasi panen sawit berkisar antara 3,5-4,5 kali setiap bulan. Pemanenan cuma boleh di lakukan tatkala cuaca cerah serta berhenti andai hujan.
Yang dengannya metode pengaturan seksi pemanenan kelapa sawit ini, proses pindah hancak yang di lakukan dari satu blok ke blok yang lain-lainnya pun makin gampang. Pengawasan lahan serta produktifitas tanaman pun terasa lebih gampang. Begitupun yang dengannya pengangkutan buah kelapa sawit dari lahan ke pabrik mampu berjalan lebih efektif. Yang tidak kalah pentingnya, hasil pemanenan mampu meningkat secara bertahap.
2. Perlengkapan serta Bahan Pemanenan
Ada cukup tidak sedikit perlengkapan yang dipakai selama proses pemanenan kelapa sawit. Oleh lantaran itu, dalam peluang ini kami cuma akan mengenalkannya sekilas saja tanpa menjelaskan secara mendalam. Penjelasan lebih lengkap akan diberikan pada tulisan atau artikel selanjutnya.
Adapun alat-alat utama yang dibutuhkan dalam pemanenan buah kelapa sawit antara lain dodos kecil, dodos besar, pisau egrek, karung goni, angkong, tali nilon, batu asah, bambu egrek, arit kecil, gancu, serta tombak. Sementara itu perlengkapan pemeriksaan pekerjaan panen yang wajib dibawa misalnya gancu, gancu berstempel, pensil lilin merah, buku pemeriksaan mutu buah, buku penerimaan buah, serta notes karyawan buah.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/cara-memanen-buah-kelapa-sawit-yang.html.

Seputar Cara Memanen Buah Kelapa Sawit Yang Tepat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Memanen Buah Kelapa Sawit Yang Tepat