3 Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Tanaman Kelapa Sawit

- Agustus 11, 2017

3 Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Tanaman Kelapa Sawit

 
Pelaksanaan budidaya kelapa sawit mempergunakan media tanam berupa tanah. Akan tetapi tak sembarang tanah tidak jelek alias bagus untuk mendukung pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Setidaknya tanah yang telah di sebutkan Perlu beraerasi baik, memiliki kandungan lempung, serta kondisinya subur. Selain itu, tanah pula Perlu memenuhi persyaratan tumbuh kelapa sawit semisal drainasenya yang lancar, permukaan air tanahnya terdapat atau terletak cukup dalam, keberadaan solum pula cukup dalam, dan tak memiliki kandungan tidak sedikit bebatuan.
Dasarnya memang, kelapa sawit menyukai tanah yang mempunyai kontur datar hingga bergelombang yang dengannya tingkat kelerengan berkisar antara 0-25 %. Tanah terdapat atau terletak di suatu tempat yang mempunyai ketinggian sekitar 1-400 m dpl dan tak tergenangi air. Sedangkan tingkat keasaman tanah yang ditoleransi berada di derajat pH 4-6.
jenis-tanah-kelapa-sawit.jpg
Terdapat 3 jenis tanah yang cocok dipakai untuk membudidayakan kelapa sawit, antara lain :
1. Tanah Latosol
Tanah latosol umumnya pula disebut tanah merah lantaran memiliki warna kemerah-merahan. Karakteristik dari tanah ini yakni gampang menyerap air, salah satunya tanah dalam, kandungan organiknya tengah, serta pH tengah sampai-sampai asam. Tanah latosol tidak sedikit didapati di daerah-daerah di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Papua, Sumatra Utara, serta Sumatra Barat. Selain tidak jelek alias bagus untuk ditanami kelapa sawit, tanah latosol pula ideal menjadi media tanam bagi kopi, padi, serta karet.
2. Tanah Organosol
Tanah organosol terbentuk dari pelapukan bahan-bahan organik. Ada 2 jenis tanah organosol yaitu tanah humus serta tanah gambut. Tanah humus mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi, sebaliknya tanah gambut ber-pH asam menjadikan cuma cocok dibangun untuk kebun kelapa sawit.
3. Tanah Alluvial
Tanah alluvial berwarna coklat kemerah-merahan. Tanah ini terbentuk dari endapan material sungai menjadikan cuma mampu dijumpai di tepi DAS (Daerah Sirkulasi Sungai). Tingkat kesuburan tanah ini bergantung pada jenis material halus yang diangkut oleh peredaran sungai serta mengendap di tepi. Tanah alluvial adalah tanah yang cocok ditanami tumbuhan buah-buahan, palawija, padi, aren, serta kelapa sawit.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/01/3-jenis-tanah-yang-bagus-untuk-tanaman.html.

Seputar 3 Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Tanaman Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 3 Jenis Tanah Yang Bagus Untuk Tanaman Kelapa Sawit