2 Cara Pengendalian Hama Ulat Api Pada Kelapa Sawit

- Agustus 09, 2017

2 Cara Pengendalian Hama Ulat Api Pada Kelapa Sawit

 
Bagaimana tatacara pengendalian hama ulat api pada kelapa sawit? Akhir-akhir ini serangan hama kelapa sawit khususnya ulat api makin marak. Hal ini tentu meresahkan para petani karena serangga ini bisa merusak seluruh tanaman budidaya serta memicu kerugian yng cukup besar. Ulat api akan memakan habis daun kelapa sawit mulai dari bagian daun yng paling tua sampai-sampai daun pupus muda.
cara-membasmi-ulat-api.jpg
Ulat Api
Ulat api merupakan larva dari ngengat. Ada cukup tidak sedikit ulat api yng menyerang kelapa-kelapa sawit di Indonesia semisal Setothosea asigna, Setora nitens, Darna trima, Darna diducta, Darna bradleyi, Thosea vestusa, Thosea bisura, Susica pallida, serta Birthamula chara. Masing-masing spesies yang telah di sebutkan memiliki siklus hidup yng tak percis. Misalnya ulat api jenis Setothosea asigna cuma bisa hidup selama 42 hari, sedangkan Darna trima bisa atau mampu bertahan hidup mencapai lebih dari 60 hari.
Seluruh jenis kelapa sawit rentan terhadap serangan ulat api. Ulat ini bisa memicu kerusakan pada bagian daun tanaman sampai-sampai 40-80 %. Andaikan serangan yang telah di sebutkan tak segera dikendalikan, akibatnya kelapa-kelapa sawit bakal mati lantaran tak mampu hidup yang dengannya baik.
Bagaimana tatacara mengendalikan hama ulat api pada tanaman kelapa sawit? Yang akan di sajikan kali ini dua jenis metode yng bisa dipakai!
Metode Penyemprotan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan ulat api yng berkembang biak di kelapa sawit, kamu mampu menyemprotkan insektisida CYPERIN 250 EC memakai alat mist blower. Takaran yng dipakai merupakan dosis konsentrasi : 2 ml/1 liter air ataupun 0,5-1 liter per hektar. Opsi lain kamu mampu memakai alat fogging yang dengannya dosis 250 ml Cyperin 250 EC yng dicampur 5 liter solar. Selanjutnya, konsentrasi ini mampu diaplikasikan pada kebun kelapa sawit seluas 1-2 hektar.
Metode Injeksi
Metode injeksi di lakukan yang dengannya menyuntikkan cairan tertentu pada tanaman kelapa sawit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi hama ulat api, kamu mampu menerapkan metode ini. Yakni yang dengannya menyuntikkan insektisida CHEPATE 75 SP - Nufarm prod. Adapun dosis yng dipakai sebanyk 15 ml bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap pohon kelapa sawit.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/2-cara-pengendalian-hama-ulat-api-pada.html.

Seputar 2 Cara Pengendalian Hama Ulat Api Pada Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 2 Cara Pengendalian Hama Ulat Api Pada Kelapa Sawit