Produksi Minyak Kelapa Sawit Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit

- Juli 17, 2017

Produksi Minyak Kelapa Sawit Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit

 
Produksi komoditas kelapa sawit Indonesia yng adalah bahan mentah minyak goreng (crude palm oil/CPO) rata-rata mencapai 23,5 juta ton per tahun. Dari jumlah itu, 16,5 juta ton diekspor ke sejumlah negara di dunia, lebih-lebih AS serta Eropa.
Pendapat dari Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, andai memperhatikan kapasitas produksi nasional yang telah di sebutkan, seharusnya industri-industri kelapa sawit bisa atau mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, apalagi pertumbuhan industri makanan serta minuman nasional terus meningkat.
“Memang, ekspor kelapa sawit mencapai 16,5 juta ton per tahun. Artinya, melebihi konsumsi dalam negeri. Sebaiknya, produksi kelapa sawit itu juga memperhatikan kebutuhan industri pengolahan domestik, yang kecenderungannya terus tumbuh,” kata Hatta Rajasa pada Musyawarah Nasional Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) VIII di Hotel Trans Luxury, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Kamis (12/4/2012).
Di tempat yng percis, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, mengujarkan sawit adalah satu dari sekian banyaknya komoditas unggulan negara lantaran jadi satu dari sekian banyaknya penyumbang devisa terbesar nonmigas.
Lantaran itu, pemerintah terus mendorong pertumbuhan industri sawit nasional. Dalam hal kelapa sawit, kata Zulkifli, Indonesia mempunyai pesaing kuat yakni Malaysia. Walau secara volume masih unggul, ujar Zulkifli, dalam produktivitas Indonesia kalah oleh Malaysia. “Saat ini, luas lahan di Indonesia sekitar 7,9 juta hektare. Lahan seluas itu menghasilkan CPO 23,5 juta ton per tahun. Malaysia yang luas lahannya 4 juta hektare mampu memproduksi CPO 18,5 juta ton per tahun,” ujarnya.
Melihat kondisi itu, kata Zulkifli, butuh upaya menaikan produktivitas yang dengannya penggunaan bibit mempunyai kualitas tinggi yng ditopang system pemeliharaan serta pemupukan terpadu, dan butuh adanya kanal menuju pabrik pengolahan.
Zulkifli berharap tahun 2020 Indonesia bisa atau mampu memproduksi 40 juta ton CPO per tahun. andaikan penggunaan bibit mempunyai kualitas tinggi ditopang system pemeliharaan serta pemupukan terpadu.
Guna merealisasikan target itu, pada Rencana Kehutanan Tingkat Nasional (RKTN) 2011-2030, pemerintah sudah mengalokasikan tempat hutan yng pemanfaatannya bagi sektor perkebunan.
“Saat ini, luas Hutan Produksi Konversi (HPK) sekitar 17,94 hektare. Sekitar 4,06 juta hektare di antaranya, dialokasikan pemerintah dalam RKTN 2011-2030 tentang kawasan hutan yang pemanfaatannya bagi sektor non-kehutanan, seperti perkebunan,” ujarnya. Sumber : Tribunnews

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2013/03/produksi-minyak-kelapa-sawit-indonesia.html.

Seputar Produksi Minyak Kelapa Sawit Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Produksi Minyak Kelapa Sawit Indonesia | Komoditas Kelapa Sawit