Mengolah Pelepah Kelapa Sawit Untuk Pakan Ternak

- Juli 09, 2017

Mengolah Pelepah Kelapa Sawit Untuk Pakan Ternak

 
Bagaimana tatacara mengolah pelepah kelapa sawit untuk pakan ternak? Tahukah Kamu, pelepah kelapa sawit mampu diolah menjadi pakan untuk hewan ternak yng memiliki kandungan nilai gizi tinggi. Akan tetapi sebelumnya pelepah yang telah di sebutkan Perlu diolah berlebi dahulu melalui proses fermentasi sampai-sampai menjadi silase. Silase pelepah sawit ini dia yng lantas diberikan kepada binatang-binatang ternak peliharaan kita. Jadi daripada dibuang begitu saja, pelepah kelapa sawit mampu memiliki nilai yng lebih.
Silase kelapa sawit memiliki kandungan nutrisi yng percis yang dengannya rumput segar. Malah di beberapa daerah, kandungan nutrisi di dalam silase yang telah di sebutkan jauh lebih kompleks. Binatang-binatang ternak semisal kambing, sapi, serta kerbau pun menyukai pakan yng satu ini. Yang dengannya demikian Kamu tak butuh mumet membujuk hewan untuk mengonsumsinya. Di sekeliling area perkebunan kelapa sawit, ketersediaan pelepah ini begitu melimpah, baik di musim hujan ataupun musim kemarau.
Proses pembuatan silase kelapa sawit di lakukan melalui mekanisme prosesinsilase oleh bakteri asam laktat. Proses ini pada biasanya berlangsung di dalam kondisi asam serta tanpa udara. Adapun tahap-tahap dalam pengolahannya merupakan menjadi berikut!
mengolah-pelepah-kelapa-sawit.jpg
Alat-alat yng dipakai :
  • Timbangan
  • Tali karet
  • Kantong plastik
  • Mesin chopper
  • Mesin mixer
Bahan-bahan yng dibutuhkan :
  • Pelepah kelapa sawit
  • Tetes tebu
  • Probiotik
  • Pupuk urea
  • Air
Langkah-langkah pengolahan :
  1. Pelepah kelapa sawit yng sudah disiapkan butuh dikupas berlebi dahulu lapisan kulit luarnya menjadikan teksturnya tak terlalu keras. Lantas pelepah yang telah di sebutkan dicacah-cacah menjadi ukuran sekitar 2-3 cm mempergunakan mesin chopper. Makin kecil ukuran cacahan pelepah akan makin baik menjadikan proses fermentasinya akan berlangsung makin cepat.
  2. Campurkan tetes tebu serta air secukupnya yang dengannya perbandingan 1:10. Sesudah itu, campuran air tetes tebu ini dituangkan ke wadah yng sudah berisi cacahan pelepah kelapa sawit. Pastikan seluruh cacahan pelepah terendam oleh air tetes tebu.
  3. Langkah selanjutnya merupakan menambahkan bahan-bahan yng tinggi akan kandungan karbohidrat serta protein. Tujuannya adalah menjadi zat aditif untuk menimbulkan proses fermentasi menjadikan bisa berlangsung lebih cepat. Misalnya yakni dedak, bungkil jagung, bungkil sawit, ampas tahu, serta lain-lain.
  4. Bahan yang terakhir yng butuh ditambahkan merupakan pupuk urea. Yang dengannya ditambahkannya pupuk ini, bakteri-bakteri pemicu proses fermentasi bisa berkembang biak yang dengannya baik.
  5. Tutup wadah yang dengannya posisi yng benar-benar rapat. Pastikan tak ada udara yng mampu memasuki wadah yang telah di sebutkan. Rata-rata proses fermentasi akan berlangsung selama 2-3 minggu. Sesudah itu, barulah silase kelapa sawit ini mampu diberikan kepada binatang ternak menjadi pakan dalam porsi yng sesuai kebutuhan.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2017/05/mengolah-pelepah-kelapa-sawit-untuk.html.

Seputar Mengolah Pelepah Kelapa Sawit Untuk Pakan Ternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengolah Pelepah Kelapa Sawit Untuk Pakan Ternak