Cara Menanam Dan Budidaya Buah Naga

- November 05, 2017

Cara Menanam Dan Budidaya Buah Naga

 
BUDIDAYA BUAH NAGA
hai jumpa lagi di blog saya,di artikel ini saya akan membagikan tulisan atau artikel BUDIDAYA BUAH NAGA. OKE LANGSUNG SAJA DIBACA :
1. Buah Naga Cepat Tumbuh Tunas serta Panjang
Penanganan tanaman buah naga agar bisa cepat tumbuh tunas baru serta memanjang, dibutuhkan ketersediaan unsur N yng tinggi, andai kamu mempergunakan pupuk sangkar, maka jenis yng paling tepat merupakan yng berasal dari kotoran ayam. Bagi kamu yng mempergunakan pupuk kemasan, pilihlah pupuk yng mempunyai unsur N lebih tinggi dari P serta K. Penanganan ini akan menghasilkan batang yng cepat tumbuh memanjang serta tumbuh tunas baru yng lebih cepat, warna terlihat lebih muda serta diameter batang akan lebih kecil dibandingkan batang buah naga yng di kasih unsur P lebih tinggi dari N nya. Metode ini cocok dipakai dalam perbanyakan bibit ataupun pada tanaman buah naga dewasa sesudah musim buah habis.
2. Bibit Cepat Berbunga serta BerbuahPenanganan bibit agar bisa cepat “tua” (cepat berbunga serta berbuah) dibutuhkan suplai unsur P yng lebih tinggi dari unsur N, kalau kamu mempergunakan pupuk sangkar, jenis yng paling tidak jelek alias bagus yng berasal dari kotoran kambing. Perlakuan ini akan menghasilkan batang yng berwarna hijau lebih gelap serta diameter batang akan lebih besar dari batang yng diberi unsur N lebih tinggi dari P nya. Metode ini cocok bagi budidaya buah naga di dalam pot ataupun pada budidaya buah naga dewasa pada masa berbuah tiba.
  • Pada bibit, lebih baik langsung ditanam pada bedengan pada lahan , berikan pupuk sangkar kotoran kambing secara merata pada bedengan.
  • Pada model Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot), ini wajib di lakukan lantaran yng dibutuhkan merupakan tanaman buah naga yng berukuran kecil namun telah berbuah.
  • Pada tanaman dewasa, pemangkasan batang ini wajib di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambut musim buah tiba, di lakukan bersamaan yang dengannya Pemangkasan bunga
  • Kamu mampu mempergunakan jenis pupuk apa saja, yng dibutuhkan merupakan kamu tahu betul kandungan unsur-unsurnya.
  • Andai kamu mempergunakan pupuk sangkar, pastikan pupuk sangkar telah matang / kering, akan lebih baik lagi andai di fermentasi lebih dulu.Sederhananya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat tanaman buah naga bisa berbunga serta berbuah merupakan :1. Media tanam tak terlalu padat (tak lama menyimpan air)
    2. Mendapatkan sinar matahari yng cukup.
    3. Pemupukan yng tepat (penjelasan di atas)
    4. Pemangkasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah cabang terus tumbuh serta munculnya tunas baru.
    5. Sulur tak terlalu rimbun, menjadikan sulur atas tak menutupi sulur pada bagian bawah dari sinar matahari.Andai 5 hal yang telah di sebutkan terpenuhi, tanaman buah naga kamu pasti akan berbunga serta berbuah yang dengannya baik.Cara Budidaya Buah Naga
    Ada beberapa faktor yng mendukung Buah Naga supaya mampu berbuah besar serta lebat. Secara garis besar, akan kami ulas secara singkat, supaya rekan rekan pemula mampu mengetahui secara umum tatacara budidaya Buah Naga yng baik. Berikut merupakan cara budidaya Buah Naga :1. Kebutuhan umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya Buah Naga merupakan yang dengannya kondisi tanah berpasir, kering, cenderung merah, PH normal (6-7). Andaikan syarat umum diatas belum terpenuhi, mampu di lakukan pengolahan tanah lebih lanjut sesuai yang dengannya kebutuhan. Misalnya andaikan tanah cenderung basah/asam, maka butuh pengaplikasian Kapur/Dolomit bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan PH tanah. Begitu juga andaikan tanahnya cenderung keras, penambahan pasir ataupun abu sekam pula butuh di lakukan.2. PH tanah normal 6-7 Amat penting dalam budidaya Buah Naga. Andaikan PH cenderung asam, maka akan berlangsung tidak sedikit serangan jamur yng menghasilkan busuk akar ataupun batang. Kedua serapan unsur Kalium akan terhambat menjadikan Buah Naga menjadi tak maksimal (kerdil). Turunnya PH tanah mampu berlangsung lantaran curah hujan yng tinggi serta system drainase yng tidak lebih tidak jelek alias bagus, menjadikan air tak mampu cepat tersalurkan.3. Jumlah cabang Buah Naga yng terlalu tidak sedikit pula memicu hasil produksi Buah Naga tak maksimal. Unsur hara yng diserap pohon naga akan habis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan batangnya saja. Jumlah normal cabang sekitar 4-6 cabang/pohon.4. Disaat pada masa berbuah, pemotongan ujung cabang dibutuhkan supaya cabang tak berkonsentrasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengembangan batang. Menjadikan unsur hara mampu dialihkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemenuhan pembesaran Buah Naga.5. Unsur Kalium Amat penting dalam proses pembentukan serta pembesaran Buah Naga. Unsur Kalium alami/organik tidak sedikit didapatkan dari Pangkal pohon pisang, serabut kelapa, organik laut, tulang ikan/hewani, daun teh dll. Bahan bahan alami yang telah di sebutkan diproses yang dengannya tatacara fermentasi. Kalium anorganik didapat dari ZK, MKP, KNO3. Bahan Kalium.
    Panduan Penyerbukan Manual Buah Naga
    Beberapa hal yng butuh kamu ketahui merupakan :
    1. Waktu paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyerbukan merupakan disaat mahkota bunga telah mekar sempurna. Penyerbukan sebelum bunga mekar tidak lebih tidak jelek alias bagus hasil nya, lebih baik di lakukan tatkala bunga telah mekar beberapa waktu ( kuntum bungan mulai menutup ) hasil nya lebih tidak jelek alias bagus daripada diserbukkan sebelum bunga mekar sempurna.
    2. Hati-hati tatkala mengoleskan serbuk sari pada putik, jangan hingga tangkai putik patah akibat gerakan yng terlalu keras. Ini akan memicu gagalnya penyerbukan.
    3. Bagi kamu pemula, sebaiknya mempergunakan kuas bersih serta kering bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengoleskan serbuk sari ke putik. Walaupun mampu di lakukan yang dengannya jari tangan, namun tangan yng berkeringat, basah, ataupun tak bersih mampu menghasilkan gagalnya penyerbukan.
    4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kuntum bunga yng menghadap keatas, sesudah kamu melakukan penyerbukan sebaiknya di kasih kerodong bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah di kenai air hujan langsung, walaupun tidak sedikit pula yng tak dikerodong,penyerbukan tetap sukses.
    5. Serbuk sari mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk di oleskan pada putik bunga lain, umumnya di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyilangan dua jenis buah naga.
    Antisipasi Curah Hujan Tinggi Pada Buah NagaDua tahun belakangan ini produksi buah naga para pekebun di Indonesia mampu disebut tak memuaskan (tak maksimal) dikarenakan curah hujan yng tinggi serta cuaca ekstrim yng berlangsung sepanjang tahun.
    Sebetulnya gangguan utama yng berlangsung pada buah naga lantaran curah hujan yng tinggi merupakan masalah kelembaban lahan serta saluran pembuangan air yng tak lancar yng memicu lebih tidak sedikit munculnya jamur, media tanam tergenang yng menyebabkab busuk batang serta pertumbuhan akar yng mengganggu. Selain itu yang dengannya hujan yng turun terus menerus akan memicu agen penyerbuk alami (seranggga, lebah, burung dll) tak mampu aktif bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu penyerbukan pada bunga buah naga.
    Yang akan di sajikan kali ini beberapa tindakan yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk antisipasinya agar bisa hasil produksi serta pertumbuhan tanamannya tetap tidak jelek alias bagus.
    1. Buatlah parit yng lebih dalam bagi atau bisa juga dikatakan untuk saluran pembuangan air. Pastikan air yng berasal dari hujan ataupun penyiraman mampu langsung mengalir serta tak menggenang terlalu lama pada media tanam buah naga.
    2. Lakukan penyemprotan pupuk yang dengannya kadar P yng tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi jumlah bunga rontok ataupun kuncup yng layu sebelum penyerbukan. Sesudah berlangsung penyerbukan, bungkuslah kuntum jadi yang telah di sebutkan yang dengannya plastik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari di kenai air hujan langsung.
    3. Periksa secara bersiklus kepadatan media tanam (air yng menggenang terlalu lama mampu memicu hal ini) serta perhatikan apakah akar tanaman buah naga kamu tumbuh yang dengannya baik ataupun tak. Andai media terlalu padat kamu mampu menggemburkan ataupun mengganti yang dengannya media tanam baru yng lebih tidak jelek alias bagus.
    4. Berikan penyemprotan fungisida bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghalau jamur di lahan kamu, serta bersihkanlah lahan dari sampah potongan cabang, rumput/gulma pengganggu. Lahan yng bersih akan terhindar dari serangan beberapa hama serta gangguan lain-lainnya.
    5. Pada potongan bibit baru yng ditanam, curah hujan yng tinggi mampu memicu kebusukan, kamu mampu mengalihkan bibit yng ditanam pada tempat yng lebih tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari air yng menggenang.
    6. Pastikan pupuk sangkar yng dipakai telah benar-benar matang tatkala diberikan, andai tak yang dengannya turunnya hujan akan memicu tidak sedikit gangguan pada tanaman buah naga.
    7. Genakan model pemakainan ban, ataupun metode lain yng intinya tanaman buah naga kamu medianya lebih tinggi dari tanah sekelilingnya, air mampu langsung terbuang.
    8. Lakukan penyerbukan manual yang dengannya tangan, lantaran aktifitas agen penyerbuk alami akan menurun.
    Tatacara Membudidayakan Buah Naga (Dragon Fruits)
    1. Persiapan LahanPersiapkan tiang penopang bagi atau bisa juga dikatakan untuk tegakan tanaman, lantaran tanaman ini tak memiliki batang primer yng kokoh. Bisa mempergunakan tiang dari kayu ataupun beton yang dengannya ukuran 10 cm x 10 cm yang dengannya tinggi 2 meter, yng ditancapikan ke tanah sedalam 50 cm. Ujung bagian atas dari tiang penyangga diberi besi yng berbentulk lingkaran untulk penopang dari cabang tanamanSebulan sebelum tanam, terlebi dahulu dibuatkan lubang tanan yang dengannya ukuran 40 x 40 x 40 cm yang dengannya jarak tanam 2 m x 2,5 m, menjadikan dalam 1 hektar terdapat sekitar 2000 lubang tanam penyanggaSetiap tiang/pohon penyangga itu dibuat 3 – 4 Lubang tanam yang dengannya jarak sekitar 30 cm dari tian penyangga.Lubang tanam yang telah di sebutkan lantas diberi pupuk sangkar yng masak sebanyk 5 – 10 kg dicampur yang dengannya tanah.2. Persiapan bibit serta penanamanBuah naga bisa diperbanyak yang dengannya tatacara :
    Stek serta BijiUmumnya ditanam yang dengannya stek dibutuhkan bahan batang tanaman yang dengannya panjang 25 – 30 cm yng ditanam dalam polybag yang dengannya media tanam berupa campuran tanah, pasir clan pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1 : 1 : 1.
    Sesudah bibit berumur ? 3 bulan bibit siap dipindah/ditanam di lahan.3. PemeliharaanPengairan
    Pada tahap awal perturnbuhan pengairan di lakukan 1 – 2 hari sekali. pemberian air berlebihan akan memicu terjadinya pembusukanPemupukan
    Pernupukan tanaman diberikan pupuk sangkar, yang dengannya interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyk 5 – 10 Kg.Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
    Sementara belum didapati adanya serangan hama clan penyakit yng potensial. Pembersilhan lahan ataupun pengendalian gulma di lakukan supaya tak mengganggu pertumbuhan tanamanPemangkasanCatang utama ( primer ) dipangkas, sesudah tinggi mencapai tiang penyangga ( sekitar 2 m ), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, lantas dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan ditumbuhkan 2 cabang tersier yng berfungsi menjadi cabang produksi.Jumlah cabang Buah Naga yng terlalu tidak sedikit pula memicu hasil produksi Buah Naga tak maksimal. Unsur hara yng diserap pohon naga akan habis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan batangnya saja. Jumlah normal cabang sekitar 4-6 cabang/pohon.Disaat pada masa berbuah, pemotongan ujung cabang dibutuhkan supaya cabang tak berkonsentrasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengembangan batang. Menjadikan unsur hara mampu dialihkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemenuhan pembesaran buah naga.Unsur Kalium Amat penting dalam proses pembentukan serta pembesaran buah naga. Unsur Kalium alami/organik tidak sedikit didapatkan dari Pangkal pohon pisang, serabut kelapa, organik laut, tulang ikan/hewani, daun teh dll. Bahan bahan alami yang telah di sebutkan diproses yang dengannya tatacara fermentasi. Kalium anorganik didapat dari ZK, MKP, KNO3. Bahan Kalium mampu disemprotkan serta pula mampu ditaburkan disekitar tanaman.4. PanenSesudah tanaman umur 1,5 – 2 tahun, mulai berbunga serta berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga di lakukan pada buah yng mempunyai tanda – tanda warna kulit merah
    mengkilap, jumbai / sisik berganti warna dari hijau menjadi kernerahan. Pemanenan dilakulkan yang dengannya mempergunakan gunting, buah bisa dipanen tatkala buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekar Dalam 2 tahun pertama. setiap tiang penyangga bisa atau mampu menghasilkan buah 8 s / d 10 buah naga yang dengannya bobot sekitar antara 400 – 650 gramMusim panen terbesar buah naga berlangsung pada bulan September sampai-sampai MaretUmur produktif tanaman buah naga ini berkisar antara 15 – 20 tahu.


Sumber rujukan dan gambar : http://petanimodalkecil.blogspot.com/2016/11/cara-menanam-dan-budidaya-buah-naga.html.

Seputar Cara Menanam Dan Budidaya Buah Naga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Dan Budidaya Buah Naga