Cara Menanam Srikaya Dalam Pot – Tabulampot Srikaya

- Oktober 10, 2017

Cara Menanam Srikaya Dalam Pot – Tabulampot Srikaya

 
cara menanam srikaya dalam potCara Menanam Srikaya dalam Pot ataupun Tabulampot Srikaya. Andai Kamu menginginkan tanaman yng berbuah sepanjang tahun, srikaya jawabannya. Buah asal Amerika Tropis ini pula mempunyai tidak sedikit manfaat, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk kecantikan. Yang akan di sajikan kali ini tips serta tahapan membuat tabulampot srikaya.

A. Sipat-sipat Tanaman Srikaya

Tanaman srikaya (Annona squamosa Linn.) adalah perdu yang dengannya tinggi mencapai 2—7 meter. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, serta berwarna hijau. Bunganya pun tunggal. Biasanya, bunga muncul di ketiak daun serta ujung batang. Warna bunga hijau kekuningan. Sementara itu, buahnya semu, bulat mengerucut, serta berwarna hijau. Permukaan buah benjol-benjol yang dengannya biji berbentuk kepingan kecil berwarna hitam mengilap.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Srikaya

  1. Senang tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m dpl.
  2. Menyukai iklim panas, yaitu tak terlalu dingin ataupun tidak sedikit hujan.
  3. Tumbuh baik di aneka macam kondisi tanah serta bisa atau mampu menyesuaikan diri baik terhadap iklim lembap serta panas.

C. Tipe Srikaya Tanaman Srikaya

tabulampot srikayaBeberapa jenis srikaya yng kini mulai dikembangkan menjadi berikut.
  1. Srikaya lokal, yaitu srikaya lumut serta srikaya gading.
  2. Srikaya bangkok, cirinya daging lebih tebal, biji lebih tidak banyak, serta rasa lebih manis daripada srikaya lokal.
  3. Srikaya Australia, misalnya srikaya hibrida varietas (semisal Pinks Mammoth serta srikaya merah).

D. Memilih Bibit Srikaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tabulampot

Bibit srikaya kini tidak sedikit dijual di pedagang bibit tanaman buah yang dengannya beragam variasi serta ukuran. Makin besar tanaman, makin tidak murah harganya. Usahakan, memilih bibit yng sudah berbunga supaya tanaman lebih cepat berbuah.

E. Mengalihkan Bibit Srikayake Pot

  1. Siapkan pot berdiameter 40 cm serta campuran media tanam. Biasanya, campuran media tanam yng dipakai berupa tanah, pupuk sangkar, serta serbuk gergaji (2 : 1 : 1) ataupun campuran tanah, sekam, serta humus bambu (1 : 1 : 1).
  2. Lapisi bagian dasar pot yang dengannya pecahan genting, bata merah, ataupun ijuk, lantas masukkan media tanam sampai-sampai 1/2 ketinggian pot.
  3. Buka lapisan polibag, lantas masukkan bibit ke dalam pot tepat di sedang-sedang media.
  4. Tambahkan campuran media ke dalam pot sampai-sampai ketinggian 2 cm dari bibir pot, padatkan.
  5. Siram media yang dengannya air, lantas simpen bibit di tempat ternaungi selama satu minggu.

F. Perawatan Harian Tabulampot Srikaya

a. Penyiraman

Pada musim kemarau, penyiraman mampu di lakukan dua kali sehari. Sementara itu, disaat musim penghujan, penyiraman cuma di lakukan disaat media tanam terlihat mengering.

b. Pemupukan

  1. Berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyk 25 gram setiap setiap 3 bulan sekali per tanaman serta pupuk sangkar sebanyk 5 kg per tanaman setiap 6 bulan sekali.
  2. Berikan pupuk hayati, boleh merek apa saja. Larutkan satu tutup botol pupuk hayati ke dalam satu ember air. Berikan setiap dua minggu sekali.
  3. Disaat bakal bunga muncul, berikan pupuk Amazing Grow yang dengannya dosis 30 gram (sekitar 2 sendok makan) ditambah pupuk Amazing Grow MgO sebanyk 15 gram (sekitar 1 sendok makan) yng dicampurkan ke dalam 2 liter air. Aplikasinya diberikan 2 minggu sekali.
  4. Disaat bunga muncul, berikan pupuk NPK 15-10-32 yang dengannya dosis 25 gram per tanaman.
  5. Disaat buah pentil muncul, berikan Amazing Grow Blue yang dengannya dosis 30 gram per liter air diberikan setiap 7 hari sekali.

c. Pemangkasan

Srikaya pula butuh pemangkasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat tumbuhnya bunga serta buah. Berikut tips penerapannya.perawatan tabulampot srikaya
  1. Pangkas batang utama tanaman. Nantinya, dari satu batang utama akan menghasilkan beberapa cabang primer. Dari cabang primer yng tumbuh, pelihara tiga cabang saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.
  2. Dari tiga cabang primer yng ada, lakukan pemangkasan sampai-sampai cuma menyisakan cabang sepanjang 50—70 cm. Dari pemangkasan cabang ini akan menghasilkan cabang sekunder.
  3. Percis halnya semisal cabang primer, cabang sekunder yng tumbuh pula cuma dipelihara masing-masing 3 cabang saja. Berguna totalnya 9 cabang. Cabang yng dipelihara ini sesudah tumbuh maksimal mampu dipangkas pula supaya menghasilkan cabang tersier.
  4. Dari cabang tersier yng ada, peliharalah sekitar 27 cabang. Dari cabang ini dia nantinya bunga bakal bermunculan serta lantas disusul yang dengannya buah yng tumbuh menjuntai.

G. Mempercepat Pembuahan Tabulampot Srikaya

  1. Disaat tanaman berumur 1,5 tahun, pangkas 2—3 daun di ujung cabang serta sisakan tangkainya sepanjang 2—4 mm.
  2. Umumnya, sesudah 6—10 hari akan tumbuh tunas baru dari bekas pangkasan yng disusul bakal bunga.
  3. Petik ujung bunga disaat masih kuncup supaya cepat merekah.
  4. Disaat bakal buah muncul, lakukan seleksi buah. Tatacaranya, Buang pentil yng tak normal, namun pertahankan buah yng berada di batang yng lebih besar serta berbentuk normal.
  5. Bungkus buah sedari dini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan hama.

H. Limbah Dapur bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pupuk Organik

Andai ada bekas kopi, teh, ataupun susu, jangan dibuang. Karena, ampas dapur yang telah di sebutkan mampu dipakai menjadi pupuk alami tanaman. Itulah hal yng di lakukan oleh pemulia tanaman buah di Karawang. Selain mempercepat pertumbuhan tanaman, ampas dapur ini pula bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pembungaan. Aplikasinya di lakukan yang dengannya mencampur satu sendok ampas kopi serta teh ataupun beberapa milimeter sisa susu yang dengannya satu liter air.
Selain limbah dapur, berikan pula 15 ml minyak ikan serta 1/2 sendok teh vitamin tumbuhan (B1) yng dicampur yang dengannya 2 liter air. Siramkan larutan ini ke setiap tanaman. Kedua zat ini memiliki kandungan mineral serta hara mikro. Aplikasinya diberikan satu bulan sekali. Yang dengannya tips ini, tanaman akan tumbuh lebih optimal.


Sumber rujukan dan gambar : http://panduanbertanam.blogspot.com/2016/04/cara-menanam-srikaya-dalam-pot.html.

Seputar Cara Menanam Srikaya Dalam Pot – Tabulampot Srikaya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Srikaya Dalam Pot – Tabulampot Srikaya