Cara Menanam Dan Budidaya Kelengkeng

- Oktober 11, 2017

Cara Menanam Dan Budidaya Kelengkeng

 
Cara budiaya kelengkeng
Selamat datang kembali diblog petanimodalkecil.blogspot.co.id di artikel ini saya akan membagikan cara menanam ataupun budidaya tanaman kelengkeng. Nah bagi yng ingin tau cara budidaya buah kelengkeng berikut budidayanya :
sumber gambar :2,bp.blogspot.com

Mengenal tanaman kelengkeng
Kelengkeng merupakan jenis tanaman keras yang dengannya system perakaran cukup luas, batang kayu kuat, dan akar tunggang Amat dalam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk karakter fisiknya sendiri, lengkeng mempunyai pohon cukup besar dan cabangnya tidak sedikit. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk daun buahnya adalah jenis daun majemuk, dimana tiap tangkal memiliki tiga sampai-sampai enam pasang daun. Bagian bunga lengkeng bentuknya berupa malai berwarna kuning muda yang dengannya letak pada ujung-ujung ranting, dan berukuran cukup kecil. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk buahnya sendiri mempunyai ukuran kecil, kira-kira sebesar kelereng yang dengannya warna kulit cokelat cerah, tak berbulu, memiliki daging buah berwarna bening, rasanya manis, dan aromanya khas. Biji buah lengkeng warna-nya hitam kecokelatan.
Syarat tumbuhKelengkeng mampu tumbuh dan berkembang yang dengannya baik di daerah yng mempunyai ketinggian 300-900 m dpl. Lahan yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya kelengkeng cukup yng mempunyai tekstur tanah halus yang dengannya tingkat pH 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya kelengkeng yaitu tipe iklim B ataupun basah, iklim D ataupun tengah, dan. tipe C ataupun agak basah. Tanaman lengkeng mampu tumbuh yang dengannya baik di area yng terbuka.
PembibitanBibit lengkeng mampu diperoleh secara vegetatif dan generatif. Akan tetapi, umumnya lebih disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan bibit yng berasal dari pembiakan vegetatif. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembiakan vegetatif mampu di tempuh melalui bermacam cara, diantaranya:
  • Penyambungan. Pada intinya, system penyambungan di lakukan yang dengannya cara menempelkan bagian tertentu tanaman yng telah ditentukan pada bagian tertentu tanaman lain-lainnya yng berfungsi menjadi induknya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk selanjutnya menjadi satu tanaman.
  • Pencangkokan. Berupa pengusahaan system perakaran cabang tanaman yang dengannya tak memotong cabang dari induknya.
  • Penyusunan. Metode pembiakan vegetatif melalui penyusunan dianggap lebih baik dibandingkan system okulasi dan cangkok, lantaran batang atas dan batang bawah tidak Perlu mempunyai umur percis.
Ada beberapa keuntungan yng didapatkan dari system pembiakan vegetatif diatas, diantaranya merupakan:
  • Menghasilkan tanaman yang dengannya sifat menyerupai sifat induknya.
  • Tanaman tak terlalu tinggi, menjadikan mempermudah tata laksana pemeliharaan dan pemanenan.
  • Tanaman jadi cepat berbuah.

Penanaman
Persiapan lahanUntuk persiapan lahan, pertama siapkan lubang tanaman yng berukuran 60 x 60 cm yang dengannya jarak tiap-tiap lubang tanamnya 10 x 10 m, dan kedalaman 60 cm. Selanjutnya, isi lubang tanaman yang telah di sebutkan yang dengannya tanah yng sudah dicampur yang dengannya kompos ataupun pupuk sangkar. Perbandingan tanah dan kompos yng diisikan merupakan 3 : 1.
Penanaman kelengkengPenanaman bibit tanaman lengkeng yng asalnya dari pembiakan vegetatif sebetulnya percis semisal penanaman bibit lengkeng dari biji. Akan tetapi, lubang tanam Perlu dibuat lebih dalam agar bisa system perakarannya menjadi lebih luas dan tanaman tidak gampang roboh.
PemupukanTahap pemupukan tanaman lengkeng mampu di lakukan sebanyk dua kali tiap satu tahunnya, yakni di awal musim penghujan dan memasuki musim kemarau. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemupukannya sendiri yang dengannya cara membenamkan pupuk pada tanah di sekitar tanaman yng berjarak kira-kira percis lebar yang dengannya lingkar luar bagian tajuk daun (dari batang utama).
PemangkasanPemangkasan adalah kegiatan pemotongan sebagian ranting dan cabang tanaman yng bertujuan menjadi berikut:
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbanyak ranting ataupun cabang.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperpendek tinggi pohon, menjadikan mempermudah proses pemanenan.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk meremajakan tanaman.
  • Supaya tamanan lekas berbuah
  • Menjadi langkah pengendalian atas hama dan penyakit.

Hama dan penyakit
Umumnya tanaman lengkeng cukup tahan dari aneka macam serangan hama dan penyakit. Jenis-jenis hama dan penyakit yng Suka menyerang tanaman lengkeng di antaranya merupakan kutu daun, akar hitam, uret, busuk buah, dan bercak daun. Langkah pengendalian hama dan penyakit selain melalui pemangkasan, mampu pula di lakukan yang dengannya cara membungkus ataupun membrongsong buah yang dengannya mempergunakan pestisida dan kreneng.
Panen
Tanda-ciri Buang lengkeng siap petik diantaranya merupakan menjadi berikut:
  • Aroma buah lengkeng telah tercium harum
  • Buahnya telah padat dan kulitnya berwarna lebih cerah.
Bila buah lengkeng telah menunjukan tanda-tanda yang telah di sebutkan, maka lengkeng mampu segera dipanen yang dengannya memetik dari tangkainya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanganan lengkeng paska panen sendiri cukup gampang, yaitu cuma yang dengannya mengumpulkan beberapa tangkai lengkeng terpisah menjadi satu, lantas diikat dan lengkeng siap dipasarkan.

Sumber rujukan dan gambar : http://petanimodalkecil.blogspot.com/2016/12/cara-menanam-dan-budidaya-kelengkeng.html.

Seputar Cara Menanam Dan Budidaya Kelengkeng

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Dan Budidaya Kelengkeng