Cara Menangkar Sendiri Bibit Sawit Berkualitas

- September 13, 2017

Cara Menangkar Sendiri Bibit Sawit Berkualitas

 
PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu dari sekian banyaknya permasalahan produktifitas kelapa sawit di Riau merupakan sumber benih yng tak mempunyai kualitas. Hal itu lebih-lebih dialami oleh para petani swadaya yng tak mempunyai dana yng kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun sebuah bisnis perkebunan. Orang-orang beralasan bahwasanya mahalnya sumber benih mempunyai kualitas menghasilkan orang-orang lari ke benih tak mempunyai kualitas.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiasati hal itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H Zulher MS, tatkala dihubungi Minggu (13/7/2014) siang merekomendasikan kepada petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkar sendiri bibit mempunyai kualitas yang telah di sebutkan. Dia mengungkapkan penangkaran bibit itu tak serumit yng dipikirkan petani. Apalagi Dinas Perkebunan Provinsi Riau sudah mempunyai sebuah Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Benih yng bisa menjadi wadah konsultasi bagi petani yng berminat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkar sendiri bibitnya.
''Penangkaran bibit yang telah di sebutkan tak rumit, yng terpenting petani mengetahui tata tatacara penangkarannya. Serta kita dari Disbun Riau siap membimbing petani yng ingin menangkarkan bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhannya. Malah petani yang telah di sebutkan bisa pula menjadikan penangkaran bibit mempunyai kualitas ini menjadi sumber bisnis baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah pendapatannya selama proses penanaman kelapa sawit,'' ujar Zulher.
Zulher pula menjelaskan bahwasanya biaya pembelian kecambah, polybag, tanah hitam ataupun yng lain-lainnya percis yang dengannya biaya pembelian bibit tak mempunyai kualitas.
''Rata-rata harga kecambah yakni diantara Rp 7.000-10.000/kecambah. Ditambah yang dengannya pembelian Polybag, tanah hitam ataupun yng lain-lainnya maka harganya masih dibawah harga bibit tak mempunyai kualitas yng berada di kisaran angka Rp 15.000/batang,'' ujar Zulher.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sumber benih mempunyai kualitas, selain berasal dari PPKS Medan beberapa perusahaan swasta di Riau sudah mengembangkan sumber benih yakni PT. Tunggal Yunus Estate (Topaz), PT. Damimas Sejahtera (Sinar mas) serta PT. Sains (Salim Group).
Ditanya wacana seberapa besar minat petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminta rekomendasi pembelian kecambah kepada Dinas Perkebunan Provinsi Riau, dia mengungkapkan bahwasanya sampai-sampai kini pelaku bisnis perkebunan yng meminta rekomendasi cukup tidak sedikit. Akan tetapi disayangkan petani swadaya yng meminta rekomendasi masih terbilang tidak banyak. Yng paling tidak sedikit meminta rekomendasi merupakan perusahaan, penangkar swasta ataupun para petani yng mempunyai modal kuat.
''Andai selama ini alasan petani tak mau melakukan penangkaran lantaran orang-orang cuma butuh tidak banyak ataupun modalnya tak besar. Petani bisa membuat kelompok tani (Poktan). Umpamanya dalam suatu desa ataupun kecamatan ada 50 petani yng ingin membuka lahan baru, replanting ataupun revitalisasi maka bisa membentuk kelompok. Serta andai terlebih bibit yng ditangkarkan, orang-orang bisa menjual bibit orang-orang yang telah di sebutkan kepada petani lain-lainnya,'' ujar Zulher.
Zulher pun berharap kepada petani bisa menjadi petani yng mengedepankan visi perkebunannya jauh ke masa depan. Jangan hingga lantaran alasan tak punya dana maka dibeli bibit tak mempunyai kualitas, menjadikan orang-orang akan merugi puluhan tahun.
''Andai ingin maju, memanglah petani Perlu kreatif, berani serta mau dibimbing pemerintah. Apalagi yang dengannya biaya penangkaran sendiri yng harganya masih dibawah harga pasaran bibit non mempunyai kualitas maka tak alasan sebetulnya bagi petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli bibit tak mempunyai kualitas,'' tegas Zulher. (rls)

Sumber rujukan dan gambar : http://informasi-kelapasawit.blogspot.com/2015/02/menangkar-sendiri-bibit-sawit.html.

Seputar Cara Menangkar Sendiri Bibit Sawit Berkualitas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menangkar Sendiri Bibit Sawit Berkualitas