Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengangkutan Tbs

- Agustus 21, 2017

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengangkutan Tbs

 
Pada prinsipnya, pengangkutan TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit di lakukan yang dengannya memindahkannya dari perkebunan ke pabrik. Alat angkut sawit yang umumnya dipakai yakni truk, baik dump truck ataupun light truck. Beberapa perusahaan, lebih-lebih yang mempunyai perkebunan sawit di lahan gambut, ada juga yang mempergunakan serta memanfaatkan lori yang ditarik lokomotif lantaran dinilai lebih efektif serta efisien.
Pengangkutan TBS sawit ataupun FFB (Fresh Fruit Bunches) salah satunya satu dari sekian banyaknya dari tiga mata rantai terpenting dalam budidaya kelapa sawit meliputi panen, angkut, serta olah disingkat PAO. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung kelancaran rangkaian mata rantai ini, seluruh proses Perlu berjalan yang dengannya baik serta tersinkronisasi. Menjadi semisal, penghitungan kebutuhan armada pengangkutan serta perkiraan hasil pengolahan pada tatkala melaksanakan proses pemanenan TBS.
pengangkutan-tbs-kelapa-sawit.jpg
Setidaknya terdapat 2 faktor yang memberi pengaruh proses pengangkutan TBS yakni organisasi panen, bentuk/pola jalan di dalam perkebunan, kondisi/perawatan jalan, jenis serta tipe alat angkut, kondisi alat-alat transportasi, dan pengoperasian alat transportasi. Andaikan proses pengangkutan ini bisa berjalan yang dengannya lancar, maka manfaat-manfaat yang mampu diperoleh antara lain melindungi ALB (Asam Lemak Bebas) produksi harian 2-3%, memberi pengaruh kelancaran ataupun kapasitas pengolahan pabrik, mendukung keamanan TBS di lapangan, serta menghemat biaya pengangkutan seminimal barangkali.
Terdapat 5 hal yang butuh diperhatikan dalam pengangkutan TBS kelapa sawit, di antaranya :
1. Pembatasan Kapasitas Angkut Truk
Memanglah benar, makin cepat proses pengangkutan TBS dilaksanakan maka makin baik. Kendati demikian, butuh penyesuaian kapasitas angkut terhadap daya muat alat transport. Misalnya truk Mitsu***** PS 100 ataupun PS 120 memiliki daya muat maksimal 5-6 ton setiap perjalanan. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan operasional kendaraan serta proses pengangkutan yang optimal, jadwal tiba kendaraan ke tempat panen serta pabrik kelapa sawit Perlu disusun yang dengannya baik.
2. Pengaturan Jadwal yang Baik
Seluruh kendaraan wajib terisi bahan bakar pada pukul 06.00 ataupun waktu sore di hari sebelumnya. Lantas, kendaraan-kendaraan ini Perlu telah mulai mengangkut TBS pada pukul 07.00. Tandan pertama yang diangkut pada hari yang telah di sebutkan diusahakan hingga ke pabrik maksimal pukul 09.00 serta tandan yang terakhir dibawa selambat-lambatnya pukul 22.00. Masing-masing truk selanjutnya dilayani oleh 2-3 orang tukang muat bongkar serta 1 orang kerani muat. Pengemudi atau sopir truk sebaiknya membawa bekal makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengefisienkan waktu istirahat.
3. Pengaturan Muatan yang Baik
TBS sawit Perlu ditata yang dengannya benar di dalam truk bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan kapasitasnya. Seluruh berondolan sebaiknya diangkut yang dengannya memasukkannya ke karung serta meletakkannya di atas susunan TBS. Sedangkan tandan busuk serta tandan kosong kelapa sawit tak boleh dibawa sampai-sampai ke pabrik pengolahan.
4. Pemeliharaan Alat Angkut
Seluruh alat yang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengangkut TBS dari perkebunan ke pabrik wajib dipelihara yang dengannya benar. Salah satunya karung kosong yang telah dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan berondolan sawit butuh dikumpulkan serta dikembalikan ke afdeling yang bersangkutan. Jangan hingga berlangsung pemborosan anggaran akibat alat-alat yang gampang rusak/hilang.
5. Keamanan Pengangkutan
Faktor keamanan pula butuh diperhatikan dalam pengangkutan TBS. Misalnya pemasangan jaring-jaring pada bagian muatan truk lebih-lebih disaat melewati perjalanan yang jauh, melintasi jalan negara, ataupun melalui jalan yang rusak. Ingat, seluruh tandan buah yang jatuh Perlu diambil serta dimasukkan kembali ke truk.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/03/5-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html.

Seputar Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengangkutan Tbs

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengangkutan Tbs