Cara Pembuatan Arang Dari Cangkang Kelapa Sawit

- Juli 29, 2017

Cara Pembuatan Arang Dari Cangkang Kelapa Sawit

 
Bagaimana tips pembuatan arang dari cangkang kelapa sawit? Industri pengolahan minyak kelapa sawit Suka menyisakan limbah. Satu dari sekian banyaknya limbah yang telah di sebutkan merupakan cangkang buah kelapa sawit. Andai tak diolah yang dengannya benar, cangkang akan menumpuk di segala tempat serta mencemari lingkungan.
cara-pembuatan-arang-cangkang-kelapa-sawit.jpg
Arang Cangkang Kelapa Sawit
Briket arang dibuat yang dengannya membakar cangkang kelapa sawit memakai system karbonasi. Kelebihan dari briket ini antara lain mampu dibuat terus-menerus, tak memiliki kandungan sulfur, tak mencemari udara, serta tak mengeluarkan emisi gas beracun semisal NOx serta SOx. Pemanfaatan cangkang kelapa sawit menjadi arang pula bisa menaikan efisiensi pemakaian limbah perkebunan.
Pada kelapa sawit, cangkang adalah lapisan pelindung daging buah yng bertekstur keras. Sekilas arang sawit ini terlihat sama percis yang dengannya arang batok kelapa. Bedanya terdapat pada kabar abu yng diperoleh karena memberi pengaruh kualitas produk arang yang telah di sebutkan. Cangkang kelapa sawit Amat tidak jelek alias bagus diolah menjadi arang lantaran memiliki kandungan karbon berkadar tinggi serta berat jenis mencapai 1,4 g/ml menjadikan bisa atau mampu menghasilkan energi panas maksimal sampai-sampai 20.093 kJ/Kg.
Yang akan di sajikan kali ini langkah-langkah dalam pembuatan arang dari cangkang kelapa sawit!
Alat serta Bahan :
  • Cangkang kelapa sawit
  • Larutan alkali (NaOH)
  • Tempat pembakaran
  • Tepung kanji
  • Air
  • Pinggan panas
  • Mesin penggiling
  • Mesin pengayak
  • Mesin pencetak briket
  • Mesin pemanggang (oven)
Langkah-langkah :
  1. Bersihkan cangkang kelapa sawit dari kotoran yng bisa merusak kualitasnya. Lantas rendam cangkang yang telah di sebutkan di larutan alkali selama tidak lebih lebih 1 jam. Hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan cangkang benar-benar bersih menjadikan arang yng diperoleh memiliki mutu yng tinggi.
  2. Seusai sejam berlaku, angkat cangkang-cangkang kelapa sawit dari rendaman. Seusai itu tiriskan serta angin-anginkan di tempat yng terbuka agar bisa kering.
  3. Kini saatnya membakar cangkang kelapa sawit. Siapkan tempat pembakaran yng terbuat dari bahan logam tahan panas, lantas masukkan cangkang sawit ke dalamnya. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutup kembali wadah pembakaran yang telah di sebutkan yang dengannya rapat.
  4. Panaskan tempat pembakaran tadi mempergunakan api yng besar selama 4 jam. Cangkang kelapa sawit kini berganti wujud menjadi arang. Proses pembakaran mampu dihentikan seusai arang tak mengeluarkan asap lagi.
  5. Seusai proses pengarangan selesai, angkat wadah pembakaran dari tungku. Lantas letakkan di tempat yng aman. Biarkan selama beberapa tatkala supaya arang yang telah di sebutkan menjadi dingin.
  6. Siapkan bahan lem bagi atau bisa juga dikatakan untuk merekatkan serbuk arang kelapa sawit membentuk briket. Tatacaranya yakni campurkan tepung kanji yang dengannya air secukupnya, lantas aduk merata. Pastikan tekstur lem ini cukup kental serta tak terlalu encer. Lantas panaskan lem kanji di atas pinggan panas hingga membentuk gel yng lengket.
  7. Seusai arang kelapa sawit bersuhu normal kembali, selanjutnya giling arang yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuknya menjadi serbuk. Kamu mampu mempergunakan mesin penggilingi supaya pekerjaan lebih efektif. Ukuran serbuk arang kelapa sawit yng diharapkan yaitu 100 mesh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan kualitasnya. Kamu bisa memakai mesin pengayak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan serbuk kelapa sawit yang dengannya ukuran yang telah di sebutkan.
  8. Seusai seluruh arang kelapa sawit berganti bentuk menjadi serbuk, langkah selanjutnya merupakan mencampurkan serbuk ini yang dengannya lem kanji. Aduk yang dengannya tenaga yng kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan kedua bahan ini benar-benar tercampur rata.
  9. Masukkan campuran arang serta lem ke dalam mesin pencetak briket. Genakan mesin bersistem hidrolik press berkemampuan 5 ton. Tahan posisi pencetakan selama 5 menit supaya briket yng diperoleh kuat serta tidak gampang buyar.
  10. Briket-briket yng telah tercetak rapi ini kemudian dijemur kembali bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeringkannya. Penjemuran briket yang dengannya metode alami mempergunakan serta memanfaatkan terik matahari secara langsung selama 3 hari. Opsi lain kamu pula mampu mengeringkan briket memakai oven bersuhu 105 derajat selama 5 jam.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2015/09/cara-pembuatan-arang-dari-cangkang.html.

Seputar Cara Pembuatan Arang Dari Cangkang Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Pembuatan Arang Dari Cangkang Kelapa Sawit