Inilah Manfaat Lidi Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit

- Juli 16, 2017

Inilah Manfaat Lidi Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit

 
Apakah manfaat lidi kelapa sawit? Sebagaimana pohon kelapa, hampir seluruh bagian tanaman kelapa sawit bisa dimanfaatkan. Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit adalah bahan baku dalam pembuatan minyak nabati. Bagian batangnya mampu menjadi bahan bangunan. Akar sawit pun mampu dibuat kerajinan tangan yng berharga seni tinggi. Begitu juga yang dengannya daunnya yng bisa diproses menjadi pupuk cair.
Lidi kelapa sawit pula diluar dugaan mempunyai segudang manfaat tersendiri bagi kita-kita. Lidi ini adalah bagian dari tulang daun kelapa sawit. Lidi sawit memiliki tekstur yng agak keras, elastis pada bagian ujungnya, serta berwarna cokelat muda. Lidi yang telah di sebutkan bisa diolah menjadi kerajinan tangan melalui teknik penganyaman. Kerajinan dari lidi sawit ini mempunyai kesan tradisional yng begitu kuat menjadikan tidak sedikit diminati oleh pasar lokal ataupun mancanegara.
Terdapat cukup tidak sedikit manfaat dari lidi kelapa sawit bagi ke hidup-an kita-kita. Telah sejak lama bagian dari pohon kelapa sawit ini dipakai menjadi bahan dasar dalam pembuatan sapu lidi serta kipas ilir. Malah penjualan kedua produk olahan lidi ini bisa atau mampu merambah sampai-sampai mencapai Pulau Jawa. Selanjutnya lidi sawit pula kerap diolah menjadi sebuah karpet hias, di mana karpet ini lebih tidak sedikit diambil faktor estetikanya daripada fungsionalitas karpet lidi yang telah di sebutkan.
manfaat-lidi-kelapa-sawit.jpg
Akan tetapi tahukah Kamu, lidi kelapa sawit diluar dugaan pula bisa diolah menjadi asbes/asbestos? Yap, asbes adalah material bangunan yng terbuat dari gabungan aneka macam serat. Material ini umumnya dipasang menjadi langit-langit ruangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan suasana interior rumah yng rapi. Pabrik pembuat asbes dari bahan lidi sawit ini terdapat atau terletak di Malaysia. Jadi, para petani lokal mengekspor lidi-lidi kelapa sawit ke luar negeri.
Harga lidi kelapa sawit di tingkat pengepul biasanya berkisar antara Rp 1500-1700/kg. Faktor-faktor yng bisa memberi pengaruh harga lidi yang telah di sebutkan yakni kualitas, pengepakan, jarak, serta kondisi jalan. Para pengepul umumnya akan membeli lidi di petani setiap seminggu sekali. Tak tidak lebih 1000 kg lidi kelapa sawit yng dimiliki oleh pengepul akan diekspor ke Malaysia yang dengannya harga jual mencapai 2-3 kali lipat daripada harga pembeliannya.
Tak seluruh lidi kelapa sawit mampu diolah menjadi asbes. Lidi yang telah di sebutkan Perlu memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya :
  1. Panjang lidi sekitar 90-100 cm pengertiannya cuma 1/3 bagian sedang pelepah daun yng lidinya mampu diambil
  2. Lidi diambil dari pelepah kelapa sawit yng baru saja dipotong, bukan pelepah yng telah ditebang di hari sebelumnya
  3. Kondisi lidi Perlu benar-benar kering
  4. Penjemuran lidi di lakukan beberapa saat sesudah diraut selama 1 hari di bawah matahari langsung
  5. Penjemuran sebaiknya dilaksanakan di tanah terbuka tanpa naungan
  6. Lidi yang telah di sebutkan tak boleh di kenai air hujan ataupun pun terendam air
  7. Lidi masih memiliki aroma harum khasnya dan tak berbau apek
  8. Seluruh bagian lidi wajib bersih serta bebas dari jamur
  9. Kondisi lidi masih lentur serta tak ada bagian yng mengalami lapuk
  10. Permukaan lidi berwarna cokelat kekuning-kuningan serta tak berwarna hitam


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/10/inilah-manfaat-lidi-kelapa-sawit.html.

Seputar Inilah Manfaat Lidi Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Manfaat Lidi Kelapa Sawit | Komoditas Kelapa Sawit