Cara Membuat Bibit Kelapa Hibrida | Seputar Kelapa Sawit

- Juli 30, 2017

Cara Membuat Bibit Kelapa Hibrida | Seputar Kelapa Sawit

 
Bagaimana tips membuat bibit kelapa hibrida? Kelapa hibrida merupakan hasil perkawinan silang antara varietas kelapa genjah yang dengannya kelapa dalam. Kelapa ini salah satunya varietas yng unggul lantaran memiliki sifat-sifat yng baik dari perpaduan indukannya. Tidak ayal, kelapa hibrida bisa atau mampu menghasilkan buah dalam kuantitas serta kualitas yng lebih baik.
Kelapa hibrida mampu ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Akan tetapi dari pengalaman beberapa petani menunjukan kelapa yng dibudidayakan di dataran rendah mempunyai tingkat produktivitas yng lebih tidak jelek alias bagus. Kelapa hibrida umumnya ditanam di lahan yng memiliki pH antara 5,2-8 serta memperoleh sinar matahari sampai-sampai 120 jam/bulan. Cuma saja, pohon yng ukurannya telah terlalu tinggi akan rentan terhadap angin.
Suhu yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 22-30 derajat celsius. Tanaman akan menjadi tidak lebih produktif andai ditanam di daerah yng bersuhu rata-rata di bawah 20 derajat celsius. Kelapa hibrida paling tidak jelek alias bagus dibudidayakan di tempat yng memiliki curah hujan yng tengah sekitar 1300-2300 mm/tahun. Kondisi cuaca yng terlalu kering mampu memicu menurunnya hasil panen tanaman. Sedangkan andai kondisi terlalu lembab akan menimbulkan serangan jamur.
membuat-bibit-kelapa-hibrida.jpg
Langkah awal dalam budidaya kelapa hibrida adalah pengadaan bibit. Bibit kelapa hibrida mampu Kamu beli di toko tanaman yng terpercaya. Beberapa petani pula kerap membuat bibit sendiri yang dengannya alasan bibit yang telah di sebutkan mempunyai asal-usul yng lebih terang. Bila Kamu pula tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membikin bibit kelapa hibrida, Kamu mampu mengikuti langkah-langkah menjadi berikut!
Langkah 1. Pemilihan Indukan
Benih kelapa hibrida yng tidak jelek alias bagus tentu Perlu berasal dari tanaman kelapa bervarietas unggul. Pohon indukan ini setidaknya Perlu berusia di atas 20 tahun serta maksimal 40 tahun. Pohon pula Perlu memiliki tingkat produktivitas yng tinggi, batangnya lurus serta kokoh, daun serta tangkainya kuat, dan mempunyai mahkota bunga yng berbentuk bola/1/2 bola. Perhatikan juga faktor kebugaran atau kesehatan tanaman indukan. Karena tanaman indukan yng baik tentu Perlu bebas dari hama serta penyakit.
Langkah 2. Pemilihan Benih
Benih bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat bibit kelapa hibrida merupakan buah kelapa yng telah matang dari pohonnya. Buah yang telah di sebutkan minimal berumur 6-12 bulan bergantung jenisnya. Hampir seluruh lapisan kulit buah pula sudah berwarna cokelat. Buah kelapa yng tidak jelek alias bagus biasanya berbentuk bulat agak lonjong serta mempunyai lapisan kulit yng mulut. Panjang buah berkisar antara 22-25 cm serta lebar buah sekitar 17-22 cm. Pastikan buah dalam kondisi sehat ataupun tak terserang hama serta penyakit. Kamu mampu berupaya mengguncang-guncang buah kelapa yang telah di sebutkan, buah yng baik umumnya akan mengeluarkan bunyi nyaring.
Langkah 3. Pembuatan Kecambah
Benih kelapa hibrida terpilih selanjutnya akan melewati proses perkecambahan. Di dalam proses ini, buah-buah kelapa dimasukkan ke dalam karung goni dalam jumlah yng secukupnya. Lantas karung yang telah di sebutkan diletakkan di ruangan khusus perkecambahan. Ruangan ini diberi dasar berupa susunan batubata serta naungan dari atap jerami. Karung goni yng sudah berisi buah kelapa kemudian diletakkan di ruangan ini. Kamu butuh menyiram kerung goni setiap 2 kali sehari supaya terjaga kelembabannya menjadikan menimbulkan tumbuhnya tunas serta akar.
Langkah 4. Persiapan Pembibitan
Media tanam yng dipakai dalam pembibitan kelapa merupakan tanah serta pasir yang dengannya perbandingan 2:1. Tanah yng dipakai Perlu subur serta pasir yng dipakai merupakan pasir halus. Kedua bahan ini kemudian dicampur hingga merata,lantas dimasukkan ke dalam polybag. Kamu bisa memakai polybag yng berukuran 50 x 40 cm serta memiliki ketebalan minimal 0,2 mm. Jangan tidak ingat membuat lubang di bawah polybag ini menjadi saluran drainase air.
Langkah 5. Penanaman Benih
Penanaman benih kelapa di lakukan di polybag berlebi dahulu yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyemaian. Benih kelapa yng telah memiliki tunas serta akar ditanamkan ke dalam media tanam sampai-sampai seluruh bagian buahnya tertutup oleh tanah. Pastikan posisi tunas menghadap tegak ke atas menjadikan mampu tumbuh sempurna. Selama masa persemaian berlangsung, benih Perlu disiram sebanyk 2 kali/hari serta diberikan pupuk sangkar setiap sebulan sekali.


Sumber rujukan dan gambar : http://klpswt.blogspot.com/2016/11/cara-membuat-bibit-kelapa-hibrida.html.

Seputar Cara Membuat Bibit Kelapa Hibrida | Seputar Kelapa Sawit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Bibit Kelapa Hibrida | Seputar Kelapa Sawit